Video saat Mobil RI 1 yang Ditumpangi Presiden Jokowi Tersangkut di Jalan Rusak Lampung

Mobil RI 1 yang Ditumpangi Presiden Jokowi Tersangkut di Jalan Rusak
Mobil RI 1 yang Ditumpangi Presiden Jokowi Tersangkut di Jalan Rusak (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Beredar video penampakan saat mobil RI 1 yang ditumpang Presiden Jokowi nyangkut saat melintasi Jalan Kota Baru, Lampung Selatan, beredar viral di media sosial, Jumat (5/5/2023).

Dalam video yang dibagikan di berbagai platform dikital itu, tampak Presiden Jokowi sempat membuka pintu untuk memeriksa ban mobilnya.

Diketahui, kawasan yang tengah dilalui rombongan Presiden Jokowi tersebut berbatasan dengan Kota Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung, kawasan Kota Baru.

Lokasi tersebut juga jadi tempat mangkraknya gedung-gedung perkantoran Pemprov Lampung sejak puluhan tahun lalu.

Presiden RI Joko Widodo menyebutkan bahwa jalan rusak di Provinsi Lampung yang sempat viral itu, akan diambil alih oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Hal itu dilakukan kata Presiden Jokowi, jika pemerintah provinsi maupun kabupaten tidak memiliki kemampuan anggaran untuk memperbaikinya.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi seusai mengunjungi Pasar Tradisional Natar, Lampung Selatan,

"Yang kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU, utamanya yang jalannya rusak parah," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers melalui tayangan yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (5/5/2023).

Diketahui, Lampung merupakan juara 1 daerah dengan realisasi belanja tertinggi di Indonesia pada 2022. Penghargaan itu diterima Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Penghargaan tersebut diberikan atas kinerja keuangan Pemerintah Provinsi Lampung pada 2022, di mana pada tahun tersebut Provinsi Lampung menduduki posisi tertinggi untuk persentase realisasi belanja APBN Provinsi se-Indonesia dengan realisasi anggaran sebesar 97,25% (Rp6,752 triliun).