Kapal Penumpang KM Sinabung Akan Difungsikan Sebagai Hotel KTT ASEAN 2023

Kapal KM Sinabung akan difungsikan sebagai Hotel KTT ASEAN 2023
Kapal KM Sinabung akan difungsikan sebagai Hotel KTT ASEAN 2023 (Foto : ANTVKLIK-Zainal Azkhari)

Antv – Indonesia kembali menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN, yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9 hingga 11 Mei 2023.

Mendukung kegiatan tersebut, PT Pelni telah menyiapkan kapal penumpang KM Sinabung, akan di fungsikan sebagai hotel terapung gratis yang di khususkan bagi peserta dari kalangan aparatur sipil negara (ASN), pekerja media serta unsur keamanan.

Dirut PT Pelni, Tri Andayani, mengatakan, kapal dengan rute Surabaya-Jayapura ini, telah menyiapkan 2.000 tempat tidur yang terdiri dari 500 berada di kamar dan 1500 berada di dek kapal.

"Kapasitas seluruhnya 2.000 tempat tidur, yang 500 di dalam kamar yang 1500 di dek ekonomi. Tapi keseluruhannya kita treatment dengan fasilitas yang sama seperti selimut, bantal dan perlengkapan mandi. Fasilitas ini ditujukan bagi peserta dari kalangan aparatur sipil negara (ASN), pekerja media serta unsur keamanan," terang Tri Andayani, Kamis (4/5/2023).

Tri Andayani menjelaskan, kapal ini difungsikan sebagai hotel untuk mengantisipasi terbatasnya penginapan di pulau di wilayah NTT. Selain tempat tidur, KM Sinabung akan dilengkapi beberapa fasilitas pendukung lain seperti ruang makan, fasilitas makan dan minum, klinik kesehatan hingga jaringan internet. Selain itu, Pelni juga menambah kamera CCTV, untuk memperketat pengamanan di area kapal.

“Hari ini, KM Sinabung baru bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dari menyelesaikan perjalan terakhir, dari Jayapura ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Di Surabaya ini, kita akan stay untuk bungker BBM dan pengisian air tawar. Kurang lebih selama 10 sampai 11 jam,” jelasnya.

Kemudian, kapal akan lanjut ke Labuan Bajo dan berfungsi sebagai akomodasi hotel terapung untuk mensuport kegiatan KTT ASEAN di Labuan Bajo mulai tanggal 6 sampai 12 Mei 2023.

“Ini difungsikan seperti hotel. Jadi namanya kalau kita sebut akomodasi terapung. Seperti pada saat kita diberikan tugas yang sama, di Mandalika ketika ada event internasional,” kata Tri Andayani.

Rencananya, KM Sinabung akan di berangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis malam dan tiba di Labuhan Bajo, pada Jumat besok dan langsung menerima tamu yang sebelumnya telah melakukan registrasi.

Kapal yang sebelumnya dioperasikan sebagai angkutan mudik dan balik lebaran ini, akan menjalani penugasan pertama dari Kementerian Perhubungan selama sepekan mulai 6 hingga 12 Mei mendatang.