Polres Gunungkidul Catat 30 Kecelakaan Lalu Lintas Selama Libur Lebaran, Ada yang Tewas

Libur Lebaran, Polres Gunungkidul catat ada 30 kecelakaan lalu lintas
Libur Lebaran, Polres Gunungkidul catat ada 30 kecelakaan lalu lintas (Foto : Antvklik | Lucas Didiet/Gunungkidul)

Antv –Selama Operasi Ketupat Progo 2023 lalu, Unit Penegakkan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Gunungkidul mencatat ada 30 kejadian kecelakaan lalu lintas. Dari angka tersebut, 30 korban mengalami luka ringan dan satu diantaranya meninggal dunia.

Menurut Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AkP Antonius Purwanto, selama digelarnya Operasi Ketupat Progo 2023, selain ada korban meninggal dan luka ringan, dalam kecelakaan tersebut terdapat kerugian material hingga Rp26,1 juta.

"Kami berharap kecelakaan tersebut bisa menjadi pembelajaran bersama agar kejadian sama tidak berulang, dan pengendara tetap berhati-hati dan mentaati peraturan lalu lintas," kata Purwanto, Kamis (4/5/2023).

Purwanto menegaskan, kesadaran berkendara dan mentaati rambu-rambu lalu lintas pada masyarakat masih perlu ditingkatkan, seperti tidak melanggar marka jalan, mengenakan helm, memakai sabuk tangan dan membawa surat kendaraan.

"Kalaupun capek berkendara ya harus berhenti dan istirahat. Karena selain dapat merugikan diri sendiri, kecelakaan juga bisa merugikan orang lain,” sarannya.

Secara umum, lanjut Purwanto, liburan lebaran berjalan dengan lancar. Adanya Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) sudah sangat membantu dalam mengurai kemacetan di jalur utama Jogja-Wonosari, termasuk jalur wisata pantai.

“Dibanding tahun lalu, kepadatan arus kepulangan wisatawan di jalur Jogja-Wonosari bisa terurai lebih cepat,” katanya.