May Day, Ribuan Buruh di Boyolali Aksi Senam Bersama

Tidak Unjuk Rasa, Ribuan Buruh Ikuti Senam Bersama
Tidak Unjuk Rasa, Ribuan Buruh Ikuti Senam Bersama (Foto : ANTV KLIK - Agus Saptono)

AntvRibuan buruh melakukan apel dan senam bersama dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di Alun-alun Kidul Boyolali, Jawa Tengah, Senin (1/5/2023). 

Dalam kegiatan ini para buruh yang beruntung mendapatkan hadiah berupa sepeda ontel dan beragam barang elektronik. Hadir dalam acara ini bupati dan jajaran Forkopimda Boyolali dan sejumlah stakeholder.

Ketua panitia acara yang sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Boyolali, Wahono, mengatakan, Hari Buruh Internasional tahun 2023 di Boyolali diperingati dengan menggelar apel dan senam bersama. 

"Kegiatan ini diikuti ribuan buruh dari berbagai perusahaan yang ada di Boyolali. Dalam kegiatan ini ada pembagian doorprize, kemudian pembagian santunan kecelakaan dari BPJS Ketenagakerjaan," kata Wahono.

Wahono mengatakan, Hari Buruh Internasional merupakan momentum atau simbol perjuangan buruh. Artinya, walaupun di Boyolali konsepnya hanya apel dan senam bersama namun tidak mengurangi bahwa masih banyak agenda yang perlu diperjuangkan.

"Kegiatan ini sekaligus menindaklanjuti Hari Buruh yang saat itu belum terlaksana karena masih dalam masa pandemi. Sebenarnya mau ada orasi namun berhubung acaranya banyak sehingga orasi tentang perjuangan buruh ditiadakan. Konsen kami masih pada isu-isu salah satunya cabut Undang-undang Cipta Kerja. Untuk isu-isu ini kami suarakan dengan memberangkatkan satu bus ke Jakarta," ujarnya.

Bupati Boyolali M. Said Hidayat, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Boyolali mengucapkan selamat memperingati Hari Buruh Internasional 2023. Pihaknya mengimbau kepada buruh untuk selalu menanamkan semangat kebersamaan antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah.