Puncak Arus Mudik di Terminal Kalideres pada Hari Sabtu dan Minggu

Puncak Arus Mudik di Terminal Kalideres pada Hari Sabtu dan Minggu
Puncak Arus Mudik di Terminal Kalideres pada Hari Sabtu dan Minggu (Foto : antvklik)

AntvArus balik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, di tanggal 28 April 2023, tercatat masih cukup tinggi. Penumpang itu berasal dari Wilayah Sumatera seperti dari daerah Padang, Bengkulu, Lampung.

Kemudian ada pula yang berasal dari Jawa Tengah dan Timur, dan Jawa Barat dari daerah Banten. Bahkan sebagian ada juga yang berasal dari Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen, pemudik yang tiba di Terminal Kalideres pada hari diperkirakan akan sama dengan tanggal 27 April 2023, yakni sekitar 2000 orang.

"Kalau untuk data yang terdata sampai hari ini ya, Hari Jum'at 28 April 2023, sampai dengan pukul 19 malam ini, itu penumpang tiba sudah 1851 untuk hari ini, dengan bis tiba sebanyak 150 dan diperkirakan nanti sampai dengan pukul 24 akan mencapai 2000 lebih lah," beber Revi.

Revi juga menambahkan bahwa arus balik di Terminal Kalideres akan terus berlangsung hingga Hari Senin, tanggal 1 Mei 2023.

"Kalau menurut prediksi puncak arus balik mudik Lebaran di Terminal Kalideres, diperkirakan akan terjadi pada Hari Sabtu atau Hari Minggu," tambah Revi.

Mengantisipasi puncak arus balik itu, Revi memastikan bahwa Terminal Kalideres telah menyediakan Pos Pelayanan Terpadu yang berasal dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Dinas Sosial.

Posko kesehatan disertai dengan tim medis akan terus berjaga selama 24 jam penuh.

"Menyiapkan pemeriksaan kesehatan pemudik dan tes urin, dan juga menyiapkan tim medis dan gawat darurat beserta ambulan untuk digunakan bagi masyarakat penumpang yang menggunakan arus balik," kata Revi.

Menanggapi kepulangan para pemudik pada dini hari hingga pagi hari, Revi memastikan fasilitas angkutan umum lanjutan masih tersedia di Terminal Kalideres.

"Di terminal kita bekerja sama juga dengan Transjakarta itu menyiapkan angkutan lanjutan atau angkutan malam hari, yang mana setiap hari hanya beroperasi hingga jam 22 itu diperpanjang sampai dengan jam 24, itu khusus yang Transjakarta reguler," seru Revi.

"Nah dari jam 24 sampai jam 5 itu ada bantuan dari Bus Amari, Bus Amari itu disiapkan 10 unit bus dengan trayek tujuan ke Bundaran HI, kemudian selain Transjakarta kita juga menyiapkan Amari dari angkutan dalam kota, seperti Mayasari Bakti, kemudian ada angkot, dan ada Jaklingko, yang memastikan supaya pemudik yang melakukan arus balik bisa terangkut ke rumahnya masing-masing," tambah Revi.

Sementara itu Revi juga menegaskan bahwa Terminal Kalideres juga masih mencatat adanya pemudik yang baru ingin kembali ke kampung halaman mereka.

"Itu tercatat mulai dari H+1 sampai dengan H+5 hari ini, itu masih cukup tinggi ya yang melakukan mudik, terutama untuk tujuan Sumatera, tujuan favorit itu adalah Padang, Palembang, dan Bengkulu," tutup Revi.

Informasi arus balik pemudik Lebaran 2023 ini dipersembahkan oleh:
“Mie Sedaap, Lebaran, Sedapin aja bareng Mie Sedaap! Dan Isoplus Coco,selalu jaga hidrasi dengan Isoplus Coco, Excellent Hydration!”