Rumah AKBP Achiruddin Hasibuan Digeledah, Polisi Ditemukan Airsoft Gun

Rumah AKBP Achiruddin Hasibuan Digeledah
Rumah AKBP Achiruddin Hasibuan Digeledah (Foto : Istimewa)

Antv – Tim gabungan dari Ditreskrimum, bersama Bidpropam dan Inspektorat pengawas daerah Polda Sumatera Utara, mengamankan senjata airsoft gun di rumah AKBP Acharuddin Hasibuan.

Penemuan airsoft gun itu terjadi ketika tim gabungan melakukan penggeledahan selama dua jam di rumah mewah tersebut.

Direktur Reskrimum Polda Sumut, Kombes Pol Sumaryono menjelaskan penggeledahan dilakukan pada Rabu sore (26/4/2023).

Rumah yang digeledah terletak di Jalan Guru Sinumba Kelurahan Helvetia Timur, Medan Barat.

“Beberapa barang bukti yang kita amankan terkait dengan keterangan saksi–saksi yang menyatakan ada senjata laras panjang, itu kita tidak dapatkan. Tetapi, kita menemukan satu bungkus air softgun yang ada tertulis dan kita akan mencari pendalaman,” ucapnya.

Sumaryono mengatakan meski petugas tidak menemukan barang bukti senjata laras panjang seperti pengakuan dari para saksi.

Namun barang bukti tersebut tetap akan menjadi bukti dukungan dalam proses pemberkasan penyidikan.

“Selama hampir dua jam kita lakukan penggeledahan, untuk barang bukti yang kita ingingkan sebagian sudah kita dapatkan. Ada beberapa item nanti kita share secara detailnya," katanya.

"Tetapi, brang bukti yang kita amankan ini mengarah kepada beberapa unsur pasal dan keterangan yang disampaikan oleh beberapa saksi pelapor maupun terlapor,” tambahnya.

Selain mengamankan senjata airsoft gun, pihaknya juga mengamankan kamera pengawas atau CCTV yang terpasang di dua sisi sudut rumah Achiruddin.

Namun, decoder CCTV ternyata dalam keadaan mati atau tidak lagi berfungsi.

“Tadi kita sudah geledah CCTV daripada rumah AKBP AH, dan saat ini kita hanya temukan recorder. Tetapi, menurut keterangan dari pemilik rumah, decorder tersebut sudah lama mati akan kita cek dan uji secara laboratorium forensik,” ucap Sumaryono.

Sebelumnya dalam penggeledahan tersebut, tim gabungan turut didampingi pihak istri, anak, dan kepala lingkungan setempat mulai Pukul 16.00 WIB.

Dalam penggeledahan tersebut, personel juga melakukan pemeriksaan terhadap lokasi gudang milik AKBP Acharuddin yang tak jauh dari lokasi rumah utama.