Macet Parah, Jalur Menuju Puncak dari Arah Cianjur Ditutup Total Polisi

Macet Parah, Jalur Menuju Puncak dari Arah Cianjur Ditutup Total
Macet Parah, Jalur Menuju Puncak dari Arah Cianjur Ditutup Total (Foto : Instagram)

Antv – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat, menutup jalur menuju Puncak dari arah Cianjur, Jawa Barat. Penutupan dilakukan karena arus kendaraan di sepanjang jalur utama Puncak mengalami macet parah dengan laju kendaraan terhenti selama beberapa menit dari kedua arah.

Kapolres Cianjur Ajun Kombes Pol Aszhari Kurniawan di Cianjur, Senin, mengatakan penutupan jalur menuju Puncak dari Cianjur tepatnya di bundaran Lampu Gentur-By Pass, Cianjur, sebagai upaya antisipasi macet total di jalur Puncak.

"Memasuki H+3 Lebaran, volume kendaraan pemudik berbaur dengan kendaraan wisatawan yang hendak menghabiskan libur panjang hari raya di kawasan Puncak-Cipanas, terutama di sejumlah objek wisata di kawasan yang sama," katanya.

Antrean kendaraan tetap terjadi meski pihak kepolisian telah melakukan sistem buka tutup satu arah dari Bogor ke Cianjur pada pagi hari. Namun, tingginya volume kendaraan dari kedua arah, terutama roda dua, membuat sistem tersebut tidak berjalan maksimal.

Bahkan antrean kendaraan terus memanjang dari kedua arah sehingga petugas Satlantas Polres Cianjur menerapkan sistem buka tutup di sejumlah titik guna mencairkan antrean.

Tidak hanya buka tutup, untuk menekan volume kendaraan menuju Puncak dari arah Cianjur, polisi juga melakukan penutupan jalur.

"Upaya sementara jalur dari Cianjur ke Puncak dilakukan penutupan dan kendaraan diarahkan ke sejumlah jalur alternatif. Hanya warga lokal dengan tujuan Cipanas, Pacet dan Sukaresmi yang diizinkan melintas," ujar Kombes Pol Aszhari Kurniawan, Senin (24/4/2023).



Kapolres meminta pengguna jalan memanfaatkan jam sepi untuk melintas di jalur mudik Cianjur, seperti pada dini hari dan sebelum pagi karena aktivitas warga dan wisatawan masih rendah. Jalur alternatif di kawasan Puncak-Cipanas menjadi solusi lain bagi pengguna kendaraan.