Macet Parah di Tasikmalaya, Polisi Terapkan One Way di Jalur Gentong

Macet Parah di Tasik, Polisi Terapkan One Way di Jalur Gentong
Macet Parah di Tasik, Polisi Terapkan One Way di Jalur Gentong (Foto : antvklik-Denden Ahdani)

Antv – Jajaran Polres Tasikmalaya Kota bersama Polres Garut, melakukan rekayasa arus lalu lintas berupa sistem buka tutup atau one way di Jalur Gentong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin dini hari (24/04/2023).

One way dilakukan guna mengurai kemacetan di jalur Gentong untuk kendaraan yang datang dari arah Bandung menuju Tasikmalaya.

Pasalnya, di wilayah Garut terjadi kemacetan, yang mana saat ini masih banyak pemudik susulan yang masih melakukan perjalanan.

"Saat ini, kami sedang melaksanakan CB one way, penarikan dari arah barat menuju timur. Arus lalu lintas malam ini masih padat, masih banyak pemudik," kata Perwira Pengendali (Padal) Pos Terpadu Letter U Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Senin dini hari (24/04/2023).

Petugas terus meprioritaskan kendaraan yang datang dari arah Bandung, untuk mengurai kepadatan di wilayah Limbangan dan Malangbong Garut.

One way di Letter U Jalur Gentong ini baru dilakukan satu kali. Tetapi di wilayah Gentong Bawah hingga Ciawi, sudah dilakukan beberapa kali one way sejak siang hingga sore, Minggu (23/04/2023).

"One way dari arah menuju timur di lingkar Gentong ini baru sekali malam ini, namun untuk di wilayah Gentong Bawah hingga Ciawi sudah dilakukan beberapa kali tadi siang hingga sore," ucap Ipda Ipan.

Hingga Senin dinihari ini, volume kendaraan yang datang dari arah Bandung menuju Tasikmalaya terus meningkat.

Rekayasa arus lalu lintas berupa one way pun terus dilakukan guna mengurai kemacetan.

Sementara itu, arus balik yang datang dari arah Tasikmalaya menuju Badung sudah terjadi. Namun, jumlahnya belum mengalami kenaikan yang signifikan.

"Untuk arus balik dari arah timurnke barat, sebagian sudah terjadi. Namun, kami prioritaskan dari arah barat karena terjadi kepadatan di wilayah Garut," pungkas Ipan.