H-1 Lebaran, Ribuan Pemudik Tiba di Stasiun Kutoarjo, Jawa Tengah

H-1 Lebaran, Ribuan Pemudik Tiba di Stasiun Kutoarjo, Jawa Tengah
H-1 Lebaran, Ribuan Pemudik Tiba di Stasiun Kutoarjo, Jawa Tengah (Foto : antvklik-Eddy Suryana)

Antv – Puncak arus mudik di stasiun Kutoarjo, Purworejo, Jawa tengah terjadi pada Jumat (21/4/2023) atau H-1 lebaran, ribuan pemudik telah tiba di stasiun Kutoarjo yang didominasi pemudik asal Jakarta dan Bandung.

Suasana stasiun Kutoarjo, kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Jumat pagi (21/4/2023), tampak ribuan pemudik yang didominasi dari arah barat, yakni Jakarta dan Bandung telah tiba di stasiun.

Berdasarkan data terakhir PT KAI Daop lima Purwokerto, sebanyak lima ribu lima puluh penumpang tiba, dan menjadi puncak arus mudik di stasiun ini.

Sejak H-10 hingga H-1 lonjakan penumpang telah terjadi di stasiun ini, dengan rata-rata penumpang sebanyak dua ribu hingga empat ribu penumpang per hari.

Saat ditemui Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Kribiyantoro mengatakan bahwa, puncak arus mudik terjadi pada hari ini.

"Iya siap, puncak arus mudik di stasiun KAI Kutoarjo,di H-1ini dengan jumlah data lima ribu tiga ratus dua puluh empat penumpang arus mudik yang datang di stasiun kutoarjo dan jumlah itu kemungkinan akan terus bertambah hingga pukul 00.00 wib nanti tepatnya tanggal 21 april 2023 penghabisan ini, penumpang arus mudik dari arah barat atau dari arah Bandung, Jakarta dan Cirebon," ujar Kribiyantoro.

Sebagai upaya mengatasi lonjakan penumpang pada masa mudik lebaran kali ini, pihak PT KAI Daop lima Purwokerto telah menyiapkan tujuh belas rangkaian kereta tambahan lebaran yang mulai beroperasi sejak sepekan lalu.

Di sisi lain Vina Amelia pemudik yang baru saja tiba dari kuningan bandung menjelaskan

"Saya dari kuningan,berangkat dari stasiun Gambir,baru dapat libur hari ini jadi baru bisa mudik,sebelumnya jauh-jauh hari cari tiket susah karena sudah abis,sekali bisa beli tiket dapat harga 675ribu rupiah kelas eksekutif, rencana libur sepuluh hari di kampung" jelas Vina.

"Kepada para pemudik, PT KAI Daop lima Purwokerto mengimbau agar menentukan waktu pasti keberangkatan dan membeli tiket kereta api sesuai dengan kebutuhan." pungkasnya.