Puncak Arus Mudik Terjadi di Bandara Hang Nadim Pada H-3 Lebaran

Puncak Arus Mudik Terjadi di Bandara Hang Nadim Pada H-3 Lebaran
Puncak Arus Mudik Terjadi di Bandara Hang Nadim Pada H-3 Lebaran (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Bandara Internasional Batam Hang Nadim mencatat puncak arus mudik dengan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 14.700 orang penumpang, pada H-3 Lebaran, Rabu (19/4/2023).

“Sesuai prediksi kami, hari ini tanggal 19 April 2023 merupakan puncak arus mudik dengan perkiraan penumpang mencapai 14.700 orang. Meningkat hampir 50 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Direktur Utama PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Kepulauan Riau.

Dilihat di lokasi, para pemudik sudah memadati area bandara dari pagi untuk melakukan perjalanan mudik ke kampungnya masing-masing. Antrean di pintu keberangkatan juga terlihat lancar dan kondusif.

“Karena kami sudah mengubah sistem antrean masuknya penumpang ke dalam bandara, sehingga tidak ada lagi antrean pemeriksaan saat masuk area check in,” ucapnya.

Pikri menyebutkan, meningkatnya jumlah penumpang pada hari ini merupakan yang kedua kalinya semenjak posko angkutan lebaran 2023 dibuka.

Peningkatan yang cukup tinggi pertama kali dirasakan pada tanggal 15 April 2023 atau H-7 Lebaran, dengan jumlah penumpang sebanyak 14.400 orang.

"Puncaknya arus mudik pertama itu di tanggal 15 April, sebanyak 14.400 penumpang. Naik 46 persen dibanding tahun lalu,” kata dia.

Dengan meningkatnya jumlah penumpang itu, pihaknya juga sudah memperketat pengawasan keamanan di bandara, seperti memasang kamera pengawas di banyak tempat dan berkoordinasi dengan TNI/Polri serta pihak lainnya yang terlibat dengan pengamanan arus mudik Lebaran.

Kemudian untuk penerbangan, pihaknya juga bekerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mendukung aktifitas cuaca sehingga tidak ada penundaan penerbangan.

“Secara umum, pelaksanaan arus mudik di Bandara Hang Nadim berjalan lancar dan kondusif,” tandasnya.