Diterjang Hujan Dears dan Angin Kencang, Sejumlah Pohon Tumbang Menimpa Rumah Warga

Sejumlah Pohon Tumbang Menimpa Rumah Warga
Sejumlah Pohon Tumbang Menimpa Rumah Warga (Foto : antvklik-I Kadek Sugiarta)

Antv – Akibat terjangan hujan deras disertai dengan angin kencang menyebabkan pohon tumbang di dua lokasi berbeda di Wilayah Kota Gorontalo, Minggu sore (16/4/2023).

“Hari ini sekitar pukul setengah empat terjadi angin dan hujan. Terus beberapa lama kemudian saya mendapatkan telfon dari teman, katanya ada pohon tumbang di Jalan Kalimantan, setelah saya menuju Jalan Kalimantan ada informasi lagi di depan rumah wagub itu ada pohon tumbang juga yang menghalangi jalan makanya saya langsung mengarahkan anabuah untuk meuju dua lokasi itu.” kata Endy Junus Danyal, Kepala Kedaruratan dan logistik BPBD Kota Gorontalo, Minggu (16/4/2023).

Pohon tumbang terjadi di Jalan Kalimantan, Kelurahan Dulalowo Timur, Kota Tengah Kota Gorontalo, dan di Kelurahan Tanggikiki, Sipatana, Kota Gorontalo tepatnya di depan Rumah dinas wakil Gubernur Gorontalo.

Tumbangnya pohon terjadi akibat angin kencang yang terjadi sore tadi, sehingga batang pohon tidak mampu menahan tiupan angin yg kencang.

"Sementara itu, akibat guyuran hujan yang lebat selama beberapa hari sebelumnya juga membuat kondisi tanah labil dan tidak mampu menahan akar pohon yang cukup besar" Tambah Endy

Sementara kejadian pohon tumbang yang terjadi di Jalan Kalimantan menimpa sebuah rumah milik Jamaludin Laiya. Akibatnya, rumah miliknya mengalami kerusakan cukup parah dibagian atap teras. Diketahui saat kejadian, pemilik rumah tengah berada di dalam rumah namun tak menimbulkan korban jiwa.

Selain itu, batang pohon juga menimpa kabel listrik yang berada dilokasi kejadian. Batang pohon yang cukup besar dan tersangkut diantara kabel listrik membuat tim BPBD mengalami kesulitan dalam melakukan pembersihan material pohon.

Ditempat lain, pohon tumbang terjadi di depan Rudis wakil Gubernur Gorontalo. Akibat kejadian itu pohon menutup ruas jalan dan menimpa tiang listrik serta pagar Rudis Wagub. Sementara kemacetan pun tidak bisa dihindari akibat seluruh ruas jalan tertutup batang pohon.

" Dalam proses evakuasi atau pembersihan material pohon yang berada di dua titik lokasi berbeda, turut dibantu oleh tim Basarnas Kota Gorontalo, TNI Polri, BPBD Provinsi dan masyarakat setempat"  tandas Endy Junus Danial.

Hingga sekitar pukul 17.35 Wita tim gabungan berhasil membersihkan material pohon tumbang yang berada di dua titik lokasi tersebut.