Puluhan Pemudik Awal Sudah Tiba di Terminal Guntur Garut

Puluhan Pemudik Awal Sudah Tiba di Terminal Guntur Garut
Puluhan Pemudik Awal Sudah Tiba di Terminal Guntur Garut (Foto : antvklik-Taufiq Hidayah)

Antv – Puluhan pemudik awal telah tiba di terminal Guntur Garut, Jawa Barat, pada Sabtu malam (15/4/2023). Mereka memilih menggunakan jasa transportasi bus untuk mudik lebih awal agar terhindar macet, atau tak kebagian bus.

Pihak terminal Guntur Garut mengaku, peningkatan kedatangan penumpang di terminal, terjadi sudah sejak 3 hari terakhir.

Mudik lebih awal sepertinya menjadi pilihan agar terhindar dari macet horor, maupun tak kebagian tiket bus.

Hal itu terlihat di kedatangan penumpang di terminal Guntur Garut. Para penumpang terlihat mulai berdatangan sejak Sabtu sore hingga malam.

Terminal kedatangan terminal Guntur Garut masih dibanjiri penumpang turun dari bus asal Bekasi, Jakarta, Bandung, hingga Pelabuhan Merak.

"untuk kedatangan penumpang memang terjadi sudah sejak 3 hari ini, dibandingkan hari biasa tentu ada peningkatan. Tapi untuk persentase nya kita belum hitung," kata Sofyan Hidayat, Kepala Terminal Guntur Garut, Sabtu malam (15/4/2023).

Sofyan menambahkan, puncak kedatangan penumpang bus dari kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bekasi bahkan Pelabuhan Merak, diprediksi akan terjadi pada 18 sampai 19 April mendatang.

Hal itu dihitung atas banyaknya perusahaan yang melaksanakan mudik gratis menggunakan bus. Termasuk Kementrian Perhubungan yang melaksanakan mudik gratis bagi penumpang bus tujuan wilayah di Jawa Barat.

"Ya prediksi puncak kedatangan penumpang atau pemudik yang menggunakan jasa transportasi bus akan terjadi 18 dan 19 april, kemenhub juga melaksanakan mudik gratis, ditambah perusahaan lain yang menggelar hal serupa," tambahnya.

Pihak terminal Guntur Garut, sudah siaga untuk mengantisipasi lonjakan kedatangan penumpang.

Terminal Guntur dibuka 24 jam, untuk menyambut kedatangan bus malam dari luar kota.