Wakil Hakim Agung Palestina Mengaku Bangga dengan Keberadaan Gus Yahya

Wakil Hakim Agung Palestina Mengaku Bangga dengan Gus Yahya
Wakil Hakim Agung Palestina Mengaku Bangga dengan Gus Yahya (Foto : Humas PBNU)

AntvWakil Hakim Agung Palestina Mohammed Abdalhafez Yousef Azzam mengaku bangga sekaligus tenang dengan keberadaan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf yang dengan teguh mendukung Palestina.

“Saya sangat bangga dengan keberadaan Gus Yahya. Kami merasa tenang karena Gus Yahya berada di pihak kami melalui cara Gus Yahya yang sangat humanis dan internasional,” kata Syekh Azzam dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Jakarta, Jumat malam. Syekh Azzam datang bersama Konsul Kedutaan Palestina Ahmad Metani, sedangkan Gus Yahya didampingi Ketua PBNU H Amin Said Husni dan pengurus Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) PBNU Ahmad Ginanjar Sya’ban.

Menurut Syekh Azzam, dunia Arab terutama bangsa Palestina harus banyak belajar dari Gus Yahya. Karena gagasan-gagasan besar Gus Yahya harus diterapkan dan disebarkan ke seluruh penjuru dunia Arab dan Palestina.

Tidak hanya itu, Syekh Azzam menilai gagasan fiqih peradaban penting untuk dapat diwujudkan dan diterapkan pada era sekarang. Untuk itu, ia sangat mendukung penuh gagasan tersebut.

“Penting pembaharuan beberapa pandangan keagamaan, tajdid al-khitab ad-dini. Kami mendukung penuh Gus Yahya termasuk fiqih peradaban yang mementingkan hak minoritas dan kemanusiaan,” katanya.

Dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia itu, ia melihat keseriusan dan keteguhan bangsa Indonesia dan PBNU dalam memberikan dukungan terhadap Palestina.