Saiful Mujani: Mayoritas Santri Memilih Ganjar Pranowo

Saiful Mujani: Mayoritas Santri Memilih Ganjar Pranowo
Saiful Mujani: Mayoritas Santri Memilih Ganjar Pranowo (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Studi mutakhir yang dilakukan oleh Prof. Saiful Mujani menunjukkan bahwa pada masyarakat Muslim beretnis Jawa, kelompok warga yang mengidentifikasi dirinya sebagai santri semakin dominan.

Namun santrinisasi kultural dan sosial tersebut tidak muncul dalam bentuk santrinisasi politik.

Dalam pemilihan presiden, mayoritas atau 60 persen warga Muslim Jawa yang mengaku santri memilih kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo.

Hasil studi ini disampaikan dalam program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Santri, Abangan, dan Pilpres 2024” yang disiarkan melalui kanal Youtube SMRC TV pada Kamis, 13 April 2023. Video utuh pemaparan Prof.  

Guru besar ilmu politik Universitas Islam Negeri tersebut menjelaskan bahwa tipologi priyayi, santri, dan abangan adalah konsep antropologis.

Itu merupakan hasil penafsiran Clifford Geertz terhadap gejala keagamaan Muslim di Jawa.

Apakah itu penting secara elektoral atau politik dalam pemilihan presiden atau pemilihan legislate?

Saiful menduga pertanyaan itu akan sulit dijawab secara antropologis karena cara studinya berbeda.

Namun demikian, lanjut Saiful, belakangan konsep itu dipakai dalam studi politik yang lebih behavioral yang bersandar pada pola-pola hubungan kausal antara tipologi itu dengan perilaku memilih di satu sisi.

Sementara di sisi lain coba dibuat inferensi atau generalisasi terhadap konsep priyayi, santri, abangan di Indonesia dan pengaruhnya dalam pemilihan anggota legislatif maupun presiden.