Soroti Kemacetan Jakarta, Kapolda Metro Upayakan Kuningan-Mampang Cuma 10-5 Menit

Ilustrasi Jalan Macet
Ilustrasi Jalan Macet (Foto : N)

AntvKapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menyoroti kemacetan lalu lintas di DKI Jakarta. Dia berupaya mengatasi masalah macet di Ibu Kota.

“Lalu lintas kami juga tengah berupaya tentunya kami tidak bisa sendiri. Di sini ada Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya, akan kita pecahkan masalah-masalah tentang kemacetan,” kata Karyoto, Kamis (6/4/2023).

Karyoto mengatakan salah satu yang menjadi fokus adalah jalur Kuningan hingga Mampang. Nantinya diharapkan waktu tempuh di jalur tersebut bisa dipersingkat.

“Kalau kemarin dari Kuningan ke Mampang 30 menit, saya upayakan kalau bisa 20 menit atau bahkan 10 atau 5 menit,” tambahnya.

Karyoto mengatakan sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI untuk mengurai macet di Jakarta. Salah satu strateginya adalah penambahan penutupan U-turn atau putar balik.

“Menyarankan rambu-rambunya, ‘oh di sini U-turn-nya ditutup’ kita tambah lagi, perpanjang lagi, oh di sini tidak boleh terjadi crossing, menyebabkan macet itu karena kebanyakan crossing. Crossing itu macet pasti ekornya panjang,” jelasnya.

Karyoto mengungkap pembenahan persimpangan jalan perlu dibenahi karena menjadi salah satu penyebab utama macet Jakarta. Pihaknya bakal mengkaji pengurangan persimpangan jalan.