Badan Perlindungan Konsumen Sidak Pasar Anyar Tangerang, Minyakita Langka

Sidak pasar, minyakita langka
Sidak pasar, minyakita langka (Foto : Antvklik | Rusdi Muslim/Tangerang)

AntvBadan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Republik Indonesia pantau persediaan dan harga kebutuhan pangan di Pasar Anyar Kota Tangerang, Banten.

Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional, M. Mufti Mubarok, mengungkapkan dari hasil pantauan tersebut pihaknya masih menemukan kelangkaan minyak goreng subsidi program pemerintah yakni Minyakita.

"Ada kelangkaan (Minyakita) itu yang menurut saya harus menjadi kajian kita," ujar M. Mufti Mubarok, di Pasar Anyar Kota Tangerang, Selasa (5/4/2023).

Selain kelangkaan, Mubarok juga mengatakan sejumlah pedagang di pasar masih menjual minyak goreng program Kementrian Perdagangan itu melebihi harga eceran tertinggi (HET).

"Tentang minyak juga sudah ada Permendag 49, misalnya itu. Artinya harga ini sudah ditentukan Rp11.000, tapi ternyata prakteknya tadi ada Rp12.000," ucapanya.

Kemudian kebutuhan daging sapi. Badan Perlindungan Konsumen Nasional masih melihat daging impor masih mendominasi di pasaran. Padahal di dalam negeri sendiri masih mencukupi.

"Di sisi lain daging masih impor kan gitu, ini saya kira cukup prihatin kita, padahal sapi kita juga melimpah dan sebagainya. Beras di Jawa sudah mulai naik sementara di sini juga sudah naik ada Rp 15.000," tuturnya.