Presiden AS Joe Biden Minta Rusia Bebaskan Wartawan Amerika Evan Gershkovich

Joe Biden Minta Rusia Bebaskan Wartawan Amerika Evan Gershkovich
Joe Biden Minta Rusia Bebaskan Wartawan Amerika Evan Gershkovich (Foto : Twitter)

Antv – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyerukan untuk pembebasan Evan Gershkovich, seorang wartawan Amerika yang ditangkap di Rusia atas tuduhan spionase atau mata-mata.

"Biarkan dia pergi," kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih tentang Evan Gershkovich, seperti dikutip dari Anadolu, Jumat (31/3/2023).

Menurut Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB), Gershkovich yang bekerja untuk surat kabar The Wall Street Journal, ditahan di Kota Yekaterinburg, Rusia.

Gershkovich ditahan dengan tuduhan memata-matai kepentingan untuk Pemerintah Amerika.

Dalam sebuah pernyataan, Journal dengan tegas membantah tuduhan tersebut dan menuntut segera pembebasan Gershkovich yang mereka sebut "reporter terpercaya dan berdedikasi".

Selain itu, dewan redaksi Journal telah menyerukan agar duta besar Rusia untuk AS diusir.

"Mengusir duta besar Rusia untuk AS, serta semua wartawan Rusia yang bekerja di sini, akan menjadi harapan minimum," kata dewan editor opini harian keuangan tersebut.

Departemen Luar Negeri AS mengutuk penargetan dan penindasan yang berkelanjutan oleh Pemerintah Rusia terhadap wartawan dan kebebasan pers, Kamis (30/3/2023).

Departemen Luar Negeri kemudian mengulangi peringatan mereka agar warga Amerika tidak bepergian ke Rusia.

"Warga negara AS yang tinggal atau bepergian di Rusia harus segera pergi, sesuai anjuran Departemen Luar Negeri," demikian pernyataan tersebut.