Sambut Ramadan 1444 H, Dharma Wanita Persatuan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Gelar Baksos

Dharma Wanita Persatuan Ditjen Bina Keuda Kemendagri Gelar Baksos
Dharma Wanita Persatuan Ditjen Bina Keuda Kemendagri Gelar Baksos (Foto : Puspen Kemendagri)

Antv – Menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar bakti sosial (baksos), ceramah agama, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan memberikan bantuan.

Kegiatan digelar di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung F, Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2022).

Bakti sosial (baksos) ramadhan diprakarsai oleh DWP Ditjen Bina Keuda bersama dengan DWP Kemendagri.

Kegiatan ini mengusung tema ‘Membangun Perempuan Cerdas Untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga dan Menjadikan Bulan Suci Ramadhan Sebagai Momen Memperkuat Keimanan, Solidaritas, Sosial dan Mengukuhkan Ukhuwah’.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Ditjen Bina Keuda Horas Mauritz Panjaitan mewakili Dirjen Bina Keuangan Daerah Agus Fatoni selaku Penasihat DWP Ditjen Bina Keuda.

“Kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan diperlukan untuk memperkuat rasa kepedulian kepada sesama serta sebagai wujud dalam meningkatkan toleransi kebersamaan,” kata Mauritz.

Mauritz, atas nama Dirjen Bina Keuda mengapresiasi kegiatan berbagi dan baksos yang diinisasi oleh DWP Ditjen Bina Keuda dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H. Dia menilai kegiatan ini sangat strategis dalam merespon kebutuhan terutama saat ini.

“Kami pandang penting dan strategis dalam merespon kebutuhan terutama dalam meningkatkan keselarasan dengan program-program secara terintegrasi dengan momen peringatan hari besar keagamaan,” ucap Mauritz.

“Saya ingin mengapresiasi dan terima kasih kepada Ketua DWP Kemendagri dan Ketua DWP Ditjen Bina Keuangan Daerah atas terselenggaranya acara ini,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua DWP Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Tyas Fatoni mengatakan,  "kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan Ditjen Bina Keuangan Daerah, untuk menumbuhkan jiwa sosial, kepedulian, saling tolong menolong dan membantu, sekaligus meningkatkan kapasitas SDM khususnya pegawai perempuan dan istri pegawai Ditjen Bina Keuangan Daerah."

Total paket sembako yang diberikan sejumlah 150 paket. Penerima paket sembako, di antaranya pramubakti, pamdal, pengurus masjid, PNS golongan 2, supporting staf, staf DWP Kemendagri, cleaning service dan driver. Selain paket sembako juga diberikan santunan kepada anak yatim/piatu usia sekolah dari putra/putri/saudara ASN Ditjen Bina Keuangan Daerah

Kegiatan ini menghadirkan penceramah, yaitu Ustadzah Nani Handayani yang menyampaikan perlunya menjadi perempuan cerdas, karena perempuan sebagai ibu adalah madrasah buat anak-anaknya.

Ketua DWP Kemendagri, Nani Suhajar, dalam arahannya menyampaikan agar pengurus dan anggota DWP untuk tetap mengedepankan kesederhanaan dan tidak terpengaruh dengan gaya hidup hedon dan flexing seperti yg saat ini sedang ramai diperbincangkan. "Kalau Ibu-ibu sayang sama suami, sayang sama anak dan keluarga, berikan contoh dan berperilakulah  sederhana, sewajarnya, tidak berlebihan. Momen ramadan juga diharapkan menjadi waktu untuk muhasabah dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT."

Dalam kegiatan ini, turut hadir sejumlah pengurus dari DWP. Selain Ketua DWP Kemendagri Nani Suhajar Diantoro dan Ketua DWP Ditjen Bina Keuangan Daerah Tyas Fatoni, juga hadir Ketua Unit DWP Kemendagri, Pejabat Eselon II di lingkungan Ditjen Bina Keuangan Daerah, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gambir, Kepala Kantor BNI Cabang Pecenongan dan Kantor Kemendagri, Kantor BRI Cabang Veteran, pegawai perempuan dan istri pegawai Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri yang hadir langsung dan seluruh ASN Ditjen Bina Keuangan Daerah yang hadir secara langsung maupun virtual melalui zoom meeting.