Catat, Kemenkes Tambahkan 4 Jenis Vaksin Baru untuk Perlindungan Anak

Ilustrasi Vaksin Anak
Ilustrasi Vaksin Anak (Foto : Shutter Stock)

Antv –Kementerian Kesehatan memperkenalkan jenis antigen baru yang ditambahkan dalam program imunisasi nasional.

Direktur Pengelolaan Imunisasi, dr. Prima Yosephine, MKM dalam temu media peringatan Pekan Imunisasi Dunia tahun 2023 secara daring pada Senin (27/3) menyebut bahwa pengenalan beberapa antigen baru ini akan ditambahkan dalam program imunisasi nasional.

dr. Prima menjelaskan, pengenalan antigen baru merupakan wujud komitmen pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada semua warga negara khususnya pada bayi dan anak dari penularan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) yang berakibat pada kecacatan dan kematian.

dr. Prima pun berharap, upaya ini mendapatkan dukungan yang luas dari seluruh masyarakat utamanya dari orang tua agar memberikan buah hatinya imunisasi rutin lengkap sesuai ketentuan.

Dengan begitu, cakupan imunisasi rutin lengkap bisa semakin meningkat dan merata, sehingga tujuan imunisasi yakni terbentuknya kekebalan individu, kekebalan kelompok dan kekebalan lintas kelompok dapat tercapai. 

“Jenis-jenis vaksin baru ini telah kami masukkan ke dalam program imunisasi nasional dan di tahun ini semuanya akan kita lakukan di semua daerah kecuali JE,” terangnya.

Keempat jenis vaksin tersebut adalah: