Kemendagri Minta Pemprov Kepri Genjot Belanja APBD 2023

Kemendagri Minta Pemprov Kepri Genjot Belanja APBD 2023
Kemendagri Minta Pemprov Kepri Genjot Belanja APBD 2023 (Foto : Puspen Kemendagri)

Antv – Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Agus Fatoni, M.Si. meminta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menggenjot belanja APBD pada awal tahun 2023 agar rencana program dan kegiatan berjalan maksimal.

Menurut dia, belanja APBD awal tahun harus digesa, sehingga uang cepat beredar di masyarakat, daya beli jadi meningkat, pembangunan berjalan sejak awal, pelayanan publik bisa ditingkatkan, hingga bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau ABPD dibelanjakan secara maksimal sejak awal tahun, maka saya optimistis rencana program dan kegiatan di lingkup Pemprov Kepri tahun ini bisa tercapai," kata Fatoni usai menghadiri acara Musrenbang Provinsi Kepri Tahun 2023 di Kota Tanjungpinang, Kepri, Rabu (29/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengapresiasi realisasi belanja dan pendapatan asli daerah (PAD) APBD Kepri 2022 meraih peringkat tertinggi kedua nasional, dengan capaian masing 97 persen dan 107 persen.

Bahkan, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, katanya, kondisi APBD Kepri terus meningkat hingga 56 persen.

Ia juga menyampaikan pemerintah pusat akan memberikan penghargaan berupa dana insentif daerah (DID) terhadap capaian belanja dan PAD APBD Kepri 2022 itu.

Namun, ia belum merinci besaran DID yang bakal diperoleh Pemprov Kepri, karena baru akan diserahkan di akhir tahun 2023.