Miliki Stok 1.700 Ton, Bulog Sumbawa Pastikan Stok Beras Aman Selama Ramadan hingga Lebaran

Pinca Bulog Sumbawa mengecek ketersediaan beras di gudang Bulog
Pinca Bulog Sumbawa mengecek ketersediaan beras di gudang Bulog (Foto : Bulog Sumbawa)

Antv –Perum Bulog Kantor Cabang Sumbawa, NTB, memastikan stok bahan pokok terutama beras aman untuk memehuni kebutuhan masyarakat di dua kabupaten yakni Sumbawa dan Sumbawa Barat selama bulan suci Ramadan tahun 2023.

Pemimpin Cabang (Pinca) Bulog Sumbawa Omar Sharip, Sabtu (29/03/2023) kepada Antvkilik.com, mengatakan, saat ini stok beras di gudang Bulog Sumbawa sebanyak 1.700 ton.

Jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebuhan masyarakat di dua wilayah kerjanya selama bulan puasa. Bahkan, kecendrungan stok terus bertambah seiring mulai adanya penyerepan gabah dari Bulog Sumbawa.

"Bisa cukuplah, karena kita kan juga pengadaan. Jadi stok akan terus bertambah dan kami yakin bahwa itu cukup untuk dua kabupaten, baik untuk Sumbawa maupun Sumbawa Barat selama ramadan bahkan hingga lebaran," jelasnya.

Menurutnya, kebutuhan beras untuk dua kabupaten tersebut sekitar 10 ton perhari atau dari 300 ton per bulan. Namun demikian ungkapnya, jumlah tersebut bisa saja berkurang, mengingat saat ini beberapa wilayah sudah mulai memasuki musim panen.

"Namun sekarang ini karena melihat kondisi sudah panen, sehingga beras sudah mulai banyak di pasar. Jadi kalau misalnya kebutuhannya itu sekitar 2 ton perhari mungkin cukup, 2 ton kali 30 hari. Ada 60 ton untuk 2 kabupaten ini cukup selama bulan Ramadan," ungkapnya.

Selain beras tambahnya, pihaknya juga memastikan ketersediaan terigu dan gula pasir. Sementara, untuk minyak goreng masih kosong, dalam proses pengadaan.