Tanah Longsor, Jalan Lintas Provinsi di Temanggung Lumpuh Total

Tanah Longsor, Jalan Lintas Provinsi Lumpuh Total
Tanah Longsor, Jalan Lintas Provinsi Lumpuh Total (Foto : antvklik-Purnomo Gujiih)

AntvJalan lintas provinsi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, lumpuh total akibat tertutup material tanah longsor yang terjadi pada Senin sore (27/3/2023).

Selain menyebabkan kemacetan panjang, satu rumah warga hancur lebur dan pemilik harus mengungsi ke tempat yang aman.

Warga yang berada di sekitar lokasi kejadian sempat merekam detik-detik sebuah rumah yang hancur lebur akibat terseret material longsor di Desa Pingit, Kecamatan Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah, pada senin sore.

Dengan menggunakan alat berat, petugas dari Bina Marga Jawa Tengah berusaha mengevakuasi sebuah truk yang terjebak material longsor.

Truk peti kemas ini nekad menerobos material longsor yang menutup jalan lintas provinsi, sehingga harus dibantu alat berat guna mengevakusi truk yang terjebak material longsor, tepatnya di Desa Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, senin sore.

Kapolres Temanggung, Akbp Agus Puryadi mengatakan, tebing setinggi 50 meter dan lebar 80 meter ini longsor karena tidak kuat menahan gerusan air hujan.

Selain menutup jalan, satu rumah milik warga juga rusak terbawa material longsor, beruntung sewaktu kejadian pemilik rumah sudah mengungsi.