SMRC: Kinerja Ekonomi-Politik Pemerintah Cukup Baik

SMRC: Kinerja Ekonomi-Politik Pemerintah Cukup Baik
SMRC: Kinerja Ekonomi-Politik Pemerintah Cukup Baik (Foto : SMRC: Kinerja Ekonomi-Politik Pemerintah Cukup Baik)

Antv – Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dipresentasikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menyebutkan klinerja pemerintah dalam bidang ekonomi-politik dinilai cukup baik oleh masyarakat. 

Hasil survei yang disampaikan Deni Irvani itu bertajuk “Kinerja Presiden dan Pilihan Capres 2024” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Senin (27/3/2023).

Dalam presentasinya, Deni menunjukkan bahwa dalam skala 1-100, di mana 0 menunjukkan penilaian sangat buruk dan 100 sangat baik, indeks ekonomi-politik bernilai 62,11. Ini menunjukkan bahwa publik cukup positif menilai kinerja ekonomi-politik pemerintah.

Lebih lanjut Deni menjelaskan bahwa, indeks ekonomi-politik ini diambil berdasarkan pada tiga indeks faktor. 

Pertama, evaluasi atas kondisi ekonomi yang meliputi evaluasi atas kondisi rumah tangga sekarang dibanding tahun lalu, kondisi ekonomi rumah tangga setahun ke depan, kondisi ekonomi nasional sekarang dibanding tahun lalu, dan kondisi ekonomi nasional setahun ke depan. Indeks kondisi ekonomi ini ada di angka 62,64. 

Indeks kedua adalah evaluasi atas kondisi politik, keamanan, dan hukum. Dalam skala yang sama, skor pada indeks ini adalah 57,37. 

Indeks ketiga adalah kinerja pemerintah yang meliputi evaluasi publik atas kinerja presiden secara umum, kinerja pemerintah menangani Covid-19, dan kinerja pemerintah menangani pemilihan ekonomi akibat Covid-19. Indeks kinerja pemerintah ini ada di angka 66,32.