Diterjang Hujan Lebat, Sebuah Benteng Ambruk Timpa Rumah Warga

Diterjang Hujan Lebat, Sebuah Benteng Ambruk Timpa Rumah Warga
Diterjang Hujan Lebat, Sebuah Benteng Ambruk Timpa Rumah Warga (Foto : antvklik-Lutfi Setia Rafsanjani)

AntvHujan lebat atau intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Sumedang, Jawaa Barat, sejak Minggu (26/3/2023) siang, membuat sebuah benteng ambruk dan menimpa rumah warga hingga jebol.

Peristiwa amburknya benteng itu terjadi di Dusun Nagrak, Desa Cikareo Utara, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Musibah itu terjadi Minggu petang (26/3/2023), sekira pukul 18.00 WIB.

Anggota Tim Pusdalops BPBD Sumedang, Dede Fadilah mengatakan, benteng atau TPT (Tembok Penahan Tebing) berada di bagian kanan rumah dan menimpa tembok rumah milik warga yang bernama Cicih hingga ambruk.

"Kami menerima laporan sekitar pukul 18.00 telah terjadi TPT ambruk hingga menyebabkan tembok rumah jebol. Insiden terjadi saat kondisi di lokasi hujan lebat," Kata Dede melalui pesan singkat, Minggu malam (26/3/2023).

Akibat ambruknya benteng yang membuat tembok warga jebol tersebut, tutur Dede, kondisi rumah terdampak pun dipenuhi oleh puing-puing dari benteng yang ambruk. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

"Untuk korban jiwa nihil, sementara kerugian yang dialami pemilik rumah ditaksir mencapai 25 juta rupiah," tuturnya.

Pemilik rumah, Dede mengungkapkan, untuk sementara mengungsi di rumah anaknya yang tinggal tak jauh dari lokasi kejadian.

"Penghuni rumah pun menyelamatkan diri, dan mengungsi di rumah Yuli yang merupakan anak dari pemilik rumah," ungkapnya
 
Usai mendatangi lokasi kejadian, pihak BPBD mengimbau warga untuk tetap waspada lantaran situasi curah hujan di wilayah Kabupaten Sumedang masih tinggi.