Warga Geram, Sumber Mata Air Diduga Ditaburi Racun, Ini Kata Polisi

Warga Geram, Sumber Mata Air Diduga Ditaburi Racun, Ini Kata Polisi
Warga Geram, Sumber Mata Air Diduga Ditaburi Racun, Ini Kata Polisi (Foto : antvklik-Agus Wibowo)

AntvWarga geram, sumber mata air bersih milik warga Di RT 03/RW 02. Dusun Pandan Desa Sukodono, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, diduga ditaburi racun jenis potasium.

Kegeraman warga itu karena selama ini, sumber air tersebut dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air minum maupun mandi dan mecuci.

Racun  yang ditebarkan di bagian sumber utama mata air oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut mengakibatkan ikan yang ada di dalam sumbernya mati dan mengambang di permukaan air.

Airnya bahkan berbau karena tercemar racun, sehingga tidak bisa dikonsumsi warga setempat sejak hari ini, Sabtu (25/03/2023).

Menurut Keterangan Komandan Rayon Militer 0801/11 Lettu CAJ Sutardi menjelaskan bahwa, memang benar ada sumber air warga yang diduga tercemar racun.

Sumur tersebut  selain untuk perairan lahan pertanian juga dimanfaatkan untuk kolam ikan oleh warga.

"Jadi benar ada salah satu sumber air yang diduga memang di ditaburi racun. Dalamnya juga dimanfaatkan warga untuk memelihara ikan. Mungkin ada yang berusaha mengambil dengan cara meracuni. Ikan yang mati sebagian ditangkap. Tetapi masih banyak ikan yang akhirnya membusuk sehingga mencemari air sumur," jelasnya.

Namun demikian, Lettu Sutardi menambahkan, sumber air tersebut belum diketahui secara pasti digunakan warga untuk dikonsumsi, mencuci dan mandi atau tidak.

img_title
Ikan Peliharaan Warga Mati Akibat Racun. (Foto: antvklik-Agus Wibowo)


Sumber air ini berada di lahan pertanian dan biasa untuk pengairan lahan pertanian dan ladang warga.