Detik-detik Lima Korban Kecelakaan Kapal di Mentawai Ditemukan

Detik-detik Lima Korban Kecelakaan Kapal Mentawai Ditemukan
Detik-detik Lima Korban Kecelakaan Kapal Mentawai Ditemukan (Foto : antvklik-Wahyudi Agus)

Antv – Detik-detik ditemukannya 5 dari 9 orang penumpang kapal yang hilang di Mentawai, Sumatera Barat,  oleh tim SAR Gabungan,  mengharukan, Sabtu (25/4/2023).

Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal mengatakan, lima orang yang ditemukan tersebut adalah korban  insiden kapal hilang kontak di Selat Bunga Laut yang menjadi penghubung antara Pulau Sipora dan Pulau Siberut.

"Lima orang selamat dalam pencarian tersebut dan langsung disambut keluarganya," kata Akmal.

Kelima orang yang selamat itu masing-masing bernama Rahmat (36), Ade (32), Ario (21), Aria (21) dan seorang perempuan, Laura (32).

Saat ditemukan, kelima orang itu langsung disambut pihak keluarga. Momen haru terekam kamera di mana korban dan keluarga yang menunggu di Dermaga Tua Pejat berpelukan.

"Operasi pencarian terus kami lanjutkan, karena ada tiga operasi yang kami laksanakan, dengan jumlah yang masih dicari 4 orang," katanya.

Akmal menjelaskan, sebanyak 39 personel SAR gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas, satu unit pesawat udara milik penerbangan swasta, turis hingga masyarakat turun tangan dalam pencarian tersebut.

"Kejadian ini lantaran perubahan cuaca dan angin yang tiba-tiba kencang," kata Akmal saat dihubungi, Sabtu petang (25/4/2023).

Dari tiga kejadian kecelakaa  kapal, total korban dalam pencarian tersebut berjumlah 15 orang. Sementara yang baru ditemukan hingga hari ini 11 korban.

Akmal mengatakan, kendala yang dialami pihaknya selain cuaca, yakni titik atau lokasi pencarian yang tidak pasti. Meski demikian pencarian teris berlanjut hingga ditemukan kesemua korban.

"Kendala hingga hari ini adalah kami hanya bisa menduga-duga, karena akses komunikasi yang terbatas, bahkan saat pencarian dimulai lagi pagi tadi, angin juga tiba-tiba kencang lagi, membuat kami mundur sejenak," tandasnya.