Geger Video Fenomena Alam Langka Bintang Jatuh, Mitos: Doa Dikabulkan

Geger Video Fenomena Alam Langka Bintang Jatuh
Geger Video Fenomena Alam Langka Bintang Jatuh (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Baru-baru ini beredar viral di media sosial sebuah video yang bikin geger, yaitu penampakan fenomena alam langka bintang jatuh yang disebut terjadi di wilayah Batubara, Sumatera Utara.

Salah satu yang membagikan video itu adalah akun Instagram @exploredolan.id, Kamis malam (24/3/2023), dengan memberikan narasi:

"Fenomena Bintang jatuh di Batubara, Sumatera Utara.

Orang jaman Old kalau ada bintang jatuh katanya Permintaan bakal terkabul.

kira" kalau liat Momen ini klen minta Doa Apa?.

Mitos mengatakan, melihat fenomena bintang jatuh seringkali dianggap sebagai keberuntungan, karena momen ini kerap diyakini dapat mengabulkan harapan.

Bintang jatuh memang sering dianggap sebagai fenomena yang langka, sehingga banyak berkembang mitos yang mengaitkan hal ini sebagai saat yang tepat untuk berdoa dan meminta harapan supaya dikabulkan.

Bahkan, fenomena ini kerap dijadikan inspirasi cerita untuk karya-karya fiksi seperti novel atau naskah drama dan film.

Di antara mitos tentang bintang jatuh, sering kali fenomena tersebut dihubungkan dengan jatuhnya bintang dari langit. Ditandai garis-garis cahaya di langit malam yang mengagumkan.
  
Padahal sebenarnya, dilansir dari NASA StarChild, Selasa (28/2/2023) lalu, bintang jatuh adalah serpihan kecil debut dan batu yang disebut meteoroid yang jatuh ke atmosfer Bumi dan terbakar.

Jejak cahayanya berumur pendek yang dihasilkan dari proses pembakaran meteoroid saat memasuki atmosfer Bumi yang disebut meteor.

Meteor yang jatuh memang sering disebut bintang, jika terdapat bagian dari meteoroid yang bertahan atau sisa batuan luar angkasa ini masih ada meski telah terbakar di atmosfer lalu jatuh ke Bumi, maka benda itu pun disebut dengan meteorit.