Akan Dijadikan Ritual oleh Paranormal, Penyeludupan Burung Gagak Digagalkan

Akan Dijadikan Ritual oleh Paranormal, Penyeludupan Gagak Digagalkan
Akan Dijadikan Ritual oleh Paranormal, Penyeludupan Gagak Digagalkan (Foto : antvklik-Zainal Azkhari)

Antv – Burung Gagak di Pulau Jawa terus diburu untuk dijadikan persembahan mistis dalam ritual oleh paranormal, kini populasinya mulai sulit didapatkan, sehingga sering didatangkan dari Sulawesi dan Kalimantan.

Di Surabaya, Jawa Timur, penyelundupan 51 ekor gagak yang disebut akan dipakai untuk ritual mistis berhasil digagalkan Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya .

Burung gagak tersebut dikirim dengan kapal laut diberangkatkan dari Makassar dan akan dikirim ke Solo.

Saat transit di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Minggu (20/3/2023), burung itu disita.

“18 ekor mati dan sisanya kita lepas ke habitat semula di Makassar,” ungkap Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKP Arief Ryzki Wicaksana, Jumat (24/3/2023)

Menurut AKP Arief Ryzki Wicaksana, dalam kasus ini pihaknya mengamankan satu orang bernama Supriadi, warga jalan Kupang, Surabaya. Dia bertugas sebagai kurir dalam pemyelundupan  burung tanpa izin tersebut.

"Dalam pemeriksaan tersangka mengaku sudah empat kali menyelundupkan satwa liar, tapi masih kami dalami dan kembangkan lagi. Kita akan limpahkan kasus ini ke karantina untuk diselidiki lebih lanjut," papar Alumni Akpol 2013 itu.

Sementara Ketua Koordinator Antar Area Karantina Hewan Tanjung Perak, Santoso mengatakan, 18 burung gagak mati disebabkan wadah pengiriman yang tidak sesuai, yaitu menggunakan wadah buah.

"Tersangka menerima burung gagak sebanyak 51 ekor tanpa dokumen ataupun sertifikat kesehatan hewan, dan sebagian hewan mati itu disebabkan cara pengemasan kurang sesuai," jelas Santoso.

Dari pengakuan tersangka Supriyadi, burung gagak hitam itu merupakan pesanan dari sejumlah paranormal di Jawa Timur dan Jawa Tengah untuk digunakan sebagai media ritual mistis.