BMKG: Saat Lebaran Nanti Diprediksi Banjir Rob Kembali Melanda Kota Medan

BMKG: Saat Lebaran Diprediksi Banjir Rob Melanda Kota Medan
BMKG: Saat Lebaran Diprediksi Banjir Rob Melanda Kota Medan (Foto : antvklik-Martinus Sitorus Picit)

AntvBMKG Maritim Belawan terus lakukan pemberitahuan dini banjir rob di kawasan pesisir pantai Belawan Kota, hal ini ditegaskan Kepala BMKG Maritim Belawan Sugiono, Jumat sore (24/03/2023).

Banjir rob capai setinggi 2,3 meter  sampai dengan 2,7 meter di Belawan kembali merendam ratusan rumah di tiga kecamatan di pesisir Belawan, Kota Medan.

Kepala  BMKG Maritim Belawan, Sugiono ,mengatakan.Banjir rob  terjadi pada tanggal 20 hingga 26 Maret, dengan ketinggian maksimum air mencapai 2,3 meter hingga 2,7 meter dari sudut terendah, merendam rumah warga di tiga kecamatan di pesisir seperti Medan Marelan, Medan Labuhan dan terparah di Medan Belawan.

"Peringatan dini selalu disebarkan ke segala kini, sosial media, dan ke Kantor Camat Belawan. Air akan merendam di tiga kelurahan seperti Bagan Deli, Belawan Bahagia dan Belawan sicanang, agar masyarakat dan khusus nya para nelayan untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca di laut seperti gelombang tinggi dan juga potensi akan banjir rob dan selalu memperhatikan update cuaca dan potensi banjir rob yang di berikan BMKG Belawan," ujarnya.
 
Kawasan yang terendam banjir rob di tiga kecamatan seperti Medan Marelan, Medan Labuhan dan Medan Belawan, hampir merendam ratusan rumah warga di kawasan pesisir Belawan, Sumatera Utara.

Sugiono menambahkan, banjir rob atau meluapnya air laut diprediksikan kembali datang pada lebaran nanti, pada tanggal 17 hingga 24 April.

"Satu hari banjir rob, bisa sampai dua kali datangnya, yakni pada pukul 02.00 WIB dan12. 00 - 16.00 WIB," ujarnya.