Penyaluran BPNT Terkendala Teknis, Ratusan Warga Geruduk Kantor Kecamatan

Penyaluran BPNT di Kantor Kecamatan Diserbu Ratusan Warga
Penyaluran BPNT di Kantor Kecamatan Diserbu Ratusan Warga (Foto : antvklik-Joni Banne Tonapa)

AntvRatusan warga dari 4 lembang di 1 kelurahan, pada Senin (20/3/23) mengeruduk kantor kecamatan karena penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) sempat terkendala teknis.

Hari ini, Rabu (22/3/2023), penyaluran ) yang digelar di Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, akhirnya rampung setelah dilaksanakan selama 2 hari.

“Penyaluran sebenarnya cuman untuk 1 hari pak, cuman karena terkendala teknis yakni mati lampu, ditambah jaringan jelek, sehingga jadwal penyaluran BPNT molor. Soal warga berdesak – desakan itu kami panggil masuk ruangan karena hujan saat itu," terang salah satu pendamping. Rabu (22/3/2023).

Walau sempat mengecewakan sejumlah warga, penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang seyogianya digelar hanya sehari tersebut, tuntas setelah dilaksanakan dua hari oleh pihak panitia dengan pengawalan ketat personil kepolisian dan babinsa setempat.

“Kalau bisa pihak Bank Mandiri yang menangani bantuan BPNT agar lebih sigap lagi dalam melayani masyarakat. Kedua berikan wewenang kepada masyarakat untuk bisa dengan sendiri ke Bank Mandiri atau Mandiri link untuk mengambil bantuannya. Terus agen tempat masyarakat ambil sembako harusnya setiap lembang harus ada agen. Jangan hanya 1 agen untuk perkecamatan," tegas Pradyan Rezki Londongallo, Kepala Lembang (Desa) Batualu Selatan.

Selain itu, Pradyan Rezki Londongallo juga meminta agar penyaluran bantuan tetap konsisten dan tak berubah-ubah agar warga tak pusing kemana dan bagaimana prosedur pencairan dan pengambalian bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

“Kami juga pemerintah Lembang dibuat pusing dengan bantuan ini, dikarenakan penerima sering berubah-ubah. Sementara kami di Lembang juga ada namanya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Des) sering sekali kami mengubah-ubah nama penerima BLT Desa karena kami sudah tetapkan tahunya keluar namanya di BPNT. Sementara bantuan tidak boleh double dengan bantuan lain," tandas Pradyan Rezki Londongallo.