Menteri BUMN Erick Thohir Tekankan Pentingnya Visi Indonesia Emas 2045

Menteri BUMN Erick Thohir Tekankan Pentingnya Visi Indonesia Emas 2045
Menteri BUMN Erick Thohir Tekankan Pentingnya Visi Indonesia Emas 2045 (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan pentingnya visi mewujudkan Indonesia emas 2045. Terlebih di tengah era globalisasi yang penuh dengan persaingan sekaligus peluang bagi perekonomian dan kesejahteraan sebuah negara.

Hal itu disampaikan Erick Thohir dalam Kongres I Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI) yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia, di Auditorium Abdurahman Saleh RRI Jakarta, Selasa (21/3/2023).

"Kita harus mampu menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia adalah negara yang siap berlaga di era globalisasi," kata Erick seperti dikutip dari rri.co.id, Selasa (21/3/2023).

Erick menyebut, alumni perhimpunan pelajar Indonesia telah banyak berkontribusi dalam berbagai aspek kemajuan dunia.

Besarnya kontribusi ini, ujarnya, tidak hanya berhenti di level regional saja.

"Saya berharap nilai mulia yang telah diwujudkan ini dapat disebarluaskan, sehingga memiliki makna yang lebih besar lagi," ujarnya.

"Dari dalam lubuk hati saya amat mengapresiasi kongres Ikatan Alumni perhimpunan pelajar ini. Saya yakin kongres ini merupakan langkah transformasi yang tepat dalam rangka mewujudkan eksistensi nilai yang berkelanjutan," ucapnya.

Meski demikian, kata Erick, inti globalisasi ini jarang betul-betul di pahami.

Untuk menjawab tantangan ini, menurutnya Tanah Air harus mewujudkan globalisasi ala Indonesia.

"Dimana globalisasi ala Indonesia merupakan upaya globalisasi untuk kepentingan nasional Indonesia. Yaitu kepentingan untuk membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar, mandiri, dan dapat membantu bangsa-bangsa lainnya," tandas Erick.