Libatkan Negara Sahabat, TNI AL Akan Gelar Latihan Besar di Perairan Makassar

TNI AL latihan hadapi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK).
TNI AL latihan hadapi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK). (Foto : Puspen TNI)

AntvTNI Angkatan Laut tengah mempersiapkan latihan gabungan bersama yang melibatkan para negara sahabat di kawasan. Latihan sejumlah negara sahabat dengan kode 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 itu akan digelar di wilayah perairan Makassar.

Bahkan, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali secara khusus mengajak Angkatan Laut Australia atau RAN untuk ikut terlibat dalam latihan bersama 4th MNEK 2023 yang akan diselenggarakan pada bulan Juni 2023 mendatang.

Ajakan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali itu disampaikan secara langsung kepada Kepala Staf Angkatan Laut Australia atau Chief of Navy Australia Vice Admiral Mark Hammond saat melakukan kunjungan kehormatan di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Senin, 20 Maret 2023 kemarin.

KSAL meyakini bahwa latihan bersama Exercise Komodo yang akan melibatkan sejumlah negara-negara sahabat dapat mempererat hubungan kerjasama militer di kawasan, khususnya dengan Australia.

“TNI Angkatan Laut akan segera menggelar 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023, tentunya kami sangat berharap Australia sebagai salah satu negara sahabat yang ada di kawasan, dapat ikut serta dan berpartisipasi dalam latihan yang akan digelar pada Juni mendatang,” kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali kepada Mark Hammond dilansir dari keterangan resmi Dispenal, Selasa, 21 Maret 2023.

Sementara itu, Chief of Navy Australia Vice Admiral Mark Hammond merespon positif rencana atau ajakan TNI AL tersebut. Menurutnya, MNEK 2023 yang akan digelar di wilayah Makasar nanti akan membantu melatih kewaspadaan Angkatan Laut dalam merespon bencana alam yang mungkin terjadi kapan saja dan dimana saja.

Untuk diketahui, Multilateral Navy Exercise Komodo (MNEK) merupakan latihan Angkatan Laut secara multilateral dengan materi latihan non-perang yang mengedepankan kerjasama maritim antar negara peserta latihan.