Data Aliran Uang Esha Rahmansah Segera Diserahkan PPATK ke Kemensetneg

Tangkap layar Esha Rahmansah Abrar dan istri.
Tangkap layar Esha Rahmansah Abrar dan istri. (Foto : Twitter @partaisocmed)

Antv –Pusat Pelaporan dan Analisi Transaksi Keuangan (PPATK) diketahui segera menyerahkan data aliran uang Kasubbag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Esha Rahmansah Abrar. Esha sendiri sudah dinonaktifkan sementara usai istrinya pamer hidup mewah lewat media sosial.

Menurut Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, penyerahan data tersebut sebagai tindak lanjut Kerjasama dengan Kemensetneg terkait penyelidikan harta tak wajar pejabatnya. Ia menjelaskan, jika dalam data aliran uang itu ditemukan dugaan korupsi atau pencucian uang, maka pihaknya juga akan berkoordinasi dengan penyidik KPK atau Polri.

"Data kami serahkan ke instansi peminta dalam hal ini Setneg. Jika ada unsur korupsi dan pencucian uang, kami sampaikan ke penyidik terkait (KPK atau Polri)," kata Ivan saat dihubungi wartawan, Minggu, 19 Maret 2023.

Diwartakan Viva.co.id, Ivan juga menekankan, data aliran uang yang akan dikirimkan ke Kemensetneg itu tidak hanya terkait dengan Esha Rahmansah Abrar saja. Sebab, pihaknya juga ikut menelusuri aliran uang seluruh pejabat yang ada di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) itu.

"Iya (akan menelusuri aliran uang) semua pihak terkait (di Kemensetneg). Tidak hanya yang bersangkutan (Esha Rahmansah Abrar)," pungkas Ivan.

Sebelumnya diberitakan, sosok Kasubbag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kemensetneg, Esha Rahmansah Abrar menjadi sorotan publik usai sang istri memamerkan harta kekayaannya melalui media sosial instagram.

Diketahui istri Esha melalui media sosial pribadinya itu mengunggah foto struk pembelian mobil. Melalui unggahan di instagramnya, istri Esha dengan nama akun @vhia_esa sempat mengungkapkan rasa syukur lantaran bisa membeli mobil kuning yang awalnya hanya ia lihat di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.