Tidak Ada Penerbangan Komersial, 261 Warga Yahukimo Numpang Pesawat Hercules ke Jayapura

261 Warga Yahukimo Numpang Pesawat Hercules ke Jayapura
261 Warga Yahukimo Numpang Pesawat Hercules ke Jayapura (Foto : Istimewa via rri.co.id)

Antv – Sebanyak 261 warga di Yahukimo, Papua, berangkat menuju ke Jayapura menggunakan pesawat Hercules A-1315 tipe C-130 milik TNI-AU, Kamis (16/03/2023). 

Mereka tidak bisa menggunakan pesawat komersial karena tiadanya penerbangan sebagai akibat rentetan peristiwa di Yahukimo beberapa pekan terakhir. 

Akibat peristiwa tersebut, mobilitas warga pun terhambat untuk terbang ke tempat yang dituju. 

Mereka pun akhirnya memanfaatkan pesawat Hercules untuk berangkat ke Jayapura dari Yahukimo sebagai pilihan.

“Seperti yang disampaikan oleh salah satu warga bernama Bur. Dirinya berangkat karena akikahan anaknya di Makassar yang dimana seharusnya berangkat pada hari Minggu lalu. Namun, karena tidak ada pesawat ke Yahukimo jadinya tertunda. Sehingga, ini merupakan kesempatannya untuk berangkat," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, seperti dikutip dari rri.co.id, Jumat (17/3/2023).

Warga yang bepergian ke Jayapura bukan saja warga luar daerah, tapi ada juga warga asli Yahukimo. Salah satunya James Mirin yang menuju ke Jayapura karena keperluan melanjutkan kuliah.

“Saya mau lanjut kuliah jurusan Guru di Uncen (Universitas Cenderawasih). Karena penerbangan yang susah dan ada kesempatan menggunakan pesawat Hercules, saya langsung ikut agar tidak tertinggal pada saat melaksanakan kuliah nantinya,” ujar James Mirin.