Polda Metro Jaya Tangkap 25 Kawanan Begal dan Amankan Senpi

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto : Viva)

AntvPolda Metro Jaya menangkap 25 orang tersangka begal yang diringkus oleh Subdirektorat Kendaraan Bermotor Direktorat Reserse Kriminal Umum. Polisi juga mengamankan barang bukti sepucuk senjata api dengan lima butir peluru dari salah satu tersangka.

Para tersangka ditangkap saat operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) periode Januari hingga Maret 2023.

"Ada 25 tersangka dan 12 orang di antaranya residivis. Kami sita pula 1 unit mobil, 30 unit sepeda motor dan senjata tajam serta senjata api rakitan berikut lima butir peluru," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis, 16 Maret 2023.

Sementara itu, Kepala Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Yuliansyah menambahkan lima tersangka di antaranya melengkapi diri dengan senjata api rakitan saat beraksi.

Satu dari mereka sempat terekam kamera CCTV (Closed Circuit Television) sewaktu menyatroni rumah salah seorang warga di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Namun, saat ditangkap senjata apinya tidak ada.

"Ketika masuk ke dalam garasi dan mau ambil kendaraan, kepergok sama yang punya dan terlihat jelas di rekaman CCTV, pelaku mengeluarkan senjata api. Kita sudah dapatkan target operasi pelaku yang menggunakan senpi, kita tabrak dan kita tangkap senpi sudah tidak ada di tangan," ujar Yuliansyah.

Diwartakan Viva.co.id, pihaknya kemudian mengecek telepon genggam pelaku dan terkuak bahwa senjata apinya sudah pindah tangan ke orang lain.