Catatan Ilham Bintang: Enam Jam Sebelum Nani Wijaya Wafat

Enam Jam Sebelum Nani Wijaya Wafat
Enam Jam Sebelum Nani Wijaya Wafat (Foto : Istimewa)

Antv – "Kondisi masih  belum stabil. Albumin nya rendah, HB nya rendah," ujar Nina Kartika, putri Nani Wijaya yang bertugas menemani ibunya di RS Fatmawati Rabu ( 15/3/2023) malam.    

Albumin adalah protein pada darah yang membentuk sebagian besar plasma darah. Sebagai protein utama di plasma darah, albumin memiliki banyak fungsi, yaitu menjaga tekanan pada pembuluh darah serta mengangkut zat seperti hormon dan obat-obatan.

Bila jumlah albumin dalam tubuh kurang maka akan terjadi penimbunan cairan dalam jaringan (eodema) misalnya bengkak di kedua kaki. Atau bisa terjadi penimbunan cairan dalam rongga tubuh misalnya di perut yang disebut ascites.

Adapun Hemoglobin atau Hb adalah protein yang ada di dalam sel darah merah. Protein inilah yang membuat darah berwarna merah.

Dalam kadar yang normal, hemoglobin memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Oleh karena itu, kadar normal hemoglobin perlu selalu dijaga. HB yang normal adalah 12 - 16 g/dl.

Butuh 10 Kantong Darah

Percakapan kami semalam dengan Nina di WhatsApp tercatat pukul 22.10 WIB Lebih kurang sekitar 5-6 jam sebelum aktris legendaris Nani Wijaya mengembuskan nafas terakhir.