Prakiraan Cuaca BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang
BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang (Foto : Ilustrasi - Pixabay)

Antv – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada potensi hujan lokal di sebagian wilayah Sumatera Utara yang berpotensi disertai petir dan angin kencang.

"Waspada perubahan cuaca signifikan secara tiba-tiba yaitu hujan lokal dengan intensitas sedang yang berpotensi diiringi petir dan angin kencang," kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah di Medan, seperti dikutip dari Antara, Kamis (16/3/2023).

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan ringan di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Adapun hujan ringan akan berpotensi terjadi di wilayah Sibolga, Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Pakpak Barat, Humbahas dan sekitarnya.

Sementara pada halam hari, akan berpeluang hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan sedang juga berpotensi terjadi di wilayah Tapanuli Tengah Humbahas, Sibolga, Padang Lawas dan sekitarnya.

Sedangkan suhu udara berkisar antara 16.0 – 33.0 Derajat Celcius, dengan kelembapan Udara 60 – 98 persen, dan angin akan berhembus dari Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.