Kecelaan Maut Mobil Pikap vs Kereta Api, Tiga Orang Tewas

Kecelaan Maut Mobil Pikap vs Kereta Api, Tiga Orang Tewas
Kecelaan Maut Mobil Pikap vs Kereta Api, Tiga Orang Tewas (Foto : Instagram)

AntvTiga orang tewas saat sebuah mobil pikap tertabrak KA Wijayakusuma di palang pintu perlintasan yang tidak terjaga di Desa Jorongan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu petang (15/3/2023).

Tiga korban yang meninggal yakni pengemudi pikap Syamsul Muhtadi dan penumpangnya Homsatun yang merupakan pasangan suami istri, serta seorang petani Sunardi. Ketiganya warga Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

"Pada pukul 15.29 WIB, Pusat Pengendali Operasi Daop 9 Jember menerima laporan dari Awak Sarana Perkeretaapian (ASP)/Masinis KA WijayaKusuma (118) relasi Ketapang - Cilacap telah ditemper mobil pikap di KM 110 + 7 antara Leces - Probolinggo," kata Plt Manager Hukum dan Humas PT Kereta Ai Daop 9 Azhar Zaki Assjari di Jember, seperti dikutip dari Antara, Rabu (15/3/2023).

Menurutnya KA Wijayakusuma Berhenti Luar Biasa (BLB) di KM 110 + 4 perlintasan resmi tidak terjaga, sehingga selama 5 menit di kilometer tersebut KA WijayaKusuma berhenti untuk melakukan pemeriksaan rangkaian.

"Ditemukan selang air brake mengalami kerusakan dan dilakukan pemeriksaan serta pergantian lebih lanjut di Stasiun Probolinggo," tuturnya.

Saat dilakukan pemeriksaan di Stasiun Probolinggo, lanjut dia, ternyata terdapat kerusakan sarana lokomotif yang mengakibatkan lokomotif harus dilakukan perbaikan yang sangat menyita waktu perjalanan kereta api.

"Pada pukul 18.22 WIB, KA WijayaKusuma baru bisa berangkat dari Stasiun Probolinggo, sehingga mengalami keterlambatan 157 menit atau hampir tiga jam karena harus mengganti lokomotif," katanya.