Terkait Bangkrutnya Silicon Valley Bank dan Signature Bank, Ini Kata Presiden Jokowi

Silicon Valley dan Signature Bank Bangkrut, Ini Kata Presiden Jokowi
Silicon Valley dan Signature Bank Bangkrut, Ini Kata Presiden Jokowi (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyoroti bangkrutnya Silicon Valley Bank (SVB) di Amerika Serikat. Hal ini pun berimbas ditutupnya Signature Bank.

Kepala Negara pun mengingatkan semua pihak agar berhati-hati dengan kondisi global tersebut. Menurutnya, kebangkrutan tersebut membuat khawatir banyak pihak. 

"Ada kebangkrutan bank di Amerika, Silicon Valley Bank, semua ngeri begitu ada bank yang bangkrut. Dua hari muncul lagi bank berikutnya yang kolaps, Signature Bank," kata Presiden dalam acara Business Matching di Istora Senayan, Jakarta, seperti diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (15/3/2023). 

Presiden mengatakan, bangkrutnya bank besar yang mendanai banyak perusahaan rintis menjadi perhatian dunia. Menurutnya, pasar keuangan dunia pun menjadi sangat khawatir dengan kondisi tersebut.

"Semua negara sekarang menunggu. Efek domino akan kemana," ucapnya.

Presiden mengingatkan, Indonesia tetap harus berhati-hati, termasuk dalam penggunaan APBN. Kehati-hatian ini penting agar tidak tergantung dengan produk dan pihak asing. 

Dalam kesempatan itu, Presiden menyinggung pendapatan negara dalam APBN berasal dari pajak, dividen BUMN dan royalti pertambangan. Selain itu juga berbagai sumber pendapat lain dalam penerimaan bukan pajak.