Candi Prambanan Ditutup untuk Wisatawan Saat Hari Raya Nyepi

Umat Hindu saat menggelar upacara keagamaan di Candi Prambanan
Umat Hindu saat menggelar upacara keagamaan di Candi Prambanan (Foto : Antvklik | Andri Prasetiyo/Sleman)

AntvCandi Prambanan di Sleman, Yogyakarta akan ditutup untuk kunjungan wisatawan pada saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945. Penutupan akan dilakukan mulai Rabu, 22 Maret 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan Kamis, 23 Maret 2023 pukul 06.00 WIB.

"Hal ini dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada seluruh umat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 di kawasan Candi Prambanan," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Febrina Intan, dalam pernyataan tertulis, Rabu (15/3/2023).

Dijelaskan Febrina, TWC sebagai Indonesia Heritage Management berkomitmen penuh dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkualitas dan berkelanjutan.

Terdapat 4 pilar pengelolaan destinasi wisata yang dilakukan oleh TWC, yaitu edukasi, konservasi, spiritual dan pariwisata. Sebagai salah satu pilar, spiritual menjadi hal yang juga dikedepankan dalam pengelolaan destinasi Taman Wisata Candi Prambanan.

"Tentunya kami mendukung kegiatan keagamaan dan nilai spiritual bagi kepentingan umat Hindu, di antaranya peringatan Hari Raya Nyepi di kawasan Candi Prambanan. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk melakukan penutupan destinasi Candi Prambanan untuk kunjungan umum, pada saat Hari Raya Nyepi berlangsung yaitu pada tanggal 22 Maret 2023,'' terangnya.

Febrina menambahkan bahwa hal ini juga merupakan aksi nyata TWC terhadap program pemerintah yang telah disepakati bersama. Serta tertuang dalam MoU antara Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset & Teknologi, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Pemerintah Daerah DIY, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, tentang Pemanfaatan Candi Prambanan untuk kepentingan Umat Hindu Indonesia dan Dunia.

Bagi umat Hindu, Hari Raya Nyepi adalah hari penyucian Dewa Dewi yang berada di pusat Samudera yang membawa intisari amerta, air kehidupan.