Berpaling dari Taiwan, Honduras Jajaki Hubungan Diplomatik dengan Cina

Presiden Honduras Xiomara Castro mengambil sumpah jabatan
Presiden Honduras Xiomara Castro mengambil sumpah jabatan (Foto : Reuters)

Antv – Honduras mulai mengambil langkah untuk membuka hubungan diplomatik secara resmi dengan Cina, sehingga menggugurkan segala kerjasama dengan Taiwan. Keputusan tersebut disampaikan dengan lugas oleh Presiden Honduras, Xiomara Castro pada hari Selasa (14/3/2023)

Keputusan Honduras memiliki konsekuensi politik sebab Cina menolak hubungan diplomatik dengan negara mana pun yang mengakui kedaulatan Taiwan sebagai negara merdeka. 

Terlebih lagi, Cina telah berusaha untuk mengisolasi kawasan pulau otonomi itu selama 40 tahun belakangan dari hubungan diplomatik dengan imbalan berupa dana bantuan ekonomi. 

Padahal, Honduras merupakan salah satu dari 14 negara yang mengakui serta memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan, namun kini tampaknya situasi akan segera berubah. 

Mengutip cuitan Presiden Xiomara Castro di twitter yang dipublikasikan oleh CNN, Presiden Castro telah memberikan perintah kepada Menteri Luar Negeri Honduras agar "segera mengatur pembukaan hubungan diplomatik resmi dengan Republik Rakyat Cina."

Xiomara Castra, seorang Demokrat Sosialis yang dahulu ibu negara kini memangku jabatan kepala negara, berhasil memenangkan pemilihan umum pada tahun 2021 dengan berkampanye akan membuat agenda radikal untuk mengganti bertahun-tahun pemerintah Honduras tercemar oleh korupsi dan skandal. 

Ia berjanji akan mengentaskan kemiskinan dan memastikan akan melegalisasi aturan hukum soal aborsi.