KPK Umumkan Selidiki Korupsi Beras Bansos di Kemensos

Gedung KPK di Jakarta Selatan.
Gedung KPK di Jakarta Selatan. (Foto : KPK.go.id)

Antv –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan melakukan penyelidikan soal kasus dugaan korupsi di Kementerian Sosial (Kemensos). Menurut Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri kasus itu terkait peyaluran bantuan sosial beras.

"KPK mulai penyidikan baru terkait dugaan korupsi dalam pekerjaan penyaluran bantuan sosial beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020 s/d 2021 di Kemensos RI," kata Ali dalam keterangannya, Rabu, 15 Maret 2023.

Ali menjelaskan, kasus dugaan korupsi ini berawal dari adanya pengaduan dari masyarakat yang diterima KPK. Ia memastikan, pengaduan ini akan dilanjutkan dengan penyelidikan hingga tahap penyidikan.

"Ketika penyidikan ini kami anggap telah tercukupi untuk pengumpulan alat buktinya maka identitas dari para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, kronologi dugaan perbuatan pidana sekaligus pasal yang disangkakan akan kami sampaikan pada publik," tuturnya.

Diwartakan Viva.co.id, lebih jauh, Ali mewanti-wanti seluruh pihak terkait dengan dugaan korupsi ini untuk bersikap kooperatif saat mendapatkan panggilan pemeriksaan.

Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk ikut mengawal dan memantau proses penyidikan kasus dugaan korupsi penyaluran bansos beras ini.

"KPK berharap bagi pihak-pihak yang dipanggil tim penyidik untuk kooperatif hadir da menerangkan apa adanya dari setiap detail yang diketahuinya," pungkas Ali.