Diancam Bom, Pesawat Singapore Airlines SQ478 Mendarat di Johannesburg

Ilustrasi Maskapai Singapore Airlines
Ilustrasi Maskapai Singapore Airlines (Foto : Reuters)

Antv – Penerbangan sebuah pesawat maskapai Singapore Airlines (SIA) terpaksa mundur dari jadwal karena terpaksa mendarat di Johannesburg, Afrika Selatan pada Selasa (14/3/2023) karena alasan keamanan. 

Dikutip dari CNA, Pihak maskapai menjelaskan bahwa rute penerbangan pesawat Singapore Airlines dengan kode SQ478 dari Singapura dengan tujuan Cape Town via Johannesburg itu tertunda karena pihak maskapai mendapatkan ancaman bom. 

Setibanya mendarat di Bandara Internasional OR Tambo Johannesburg, Seluruh penumpang pesawat yang berjumlah 58 orang beserta 15 awak kabin meninggalkan pesawat dengan aman disertai pengawalan.   

Pemeriksaan pesawat secara menyeluruh dilakukan oleh pihak keamanan dengan didampingi pihak maskapai.

Setelah pemeriksaan berakhir, pihak keamanan Bandara pada pukul 11.39 waktu setempat menyatakan bahwa status pesawat dalam kondisi aman. Lantas, pesawat melanjutkan perjalanan berangkat dari Johannesburg pada pukul 12.37 waktu setempat dan tiba di Cape Town pada pukul 14.29 dengan estimasi keterlambatan waktu selama 5 jam dari jadwal semula. 

"Pihak maskapai Singapore Airlines sangat mengutamakan keselamatan para penumpang dan staf kami dengan serius," ujar staf maskapai yang tidak ingin memberikan informasi lebih lanjut karena alasan keamanan.