Gawat! Ditabrak Su-27 Rusia, Drone Tempur AS Jatuh di Perairan Laut Hitam

Pesawat Nirawak AS tipe MQ-9 Reaper
Pesawat Nirawak AS tipe MQ-9 Reaper (Foto : Reuters)

Antv – Pihak militer Amerika Serikat pada hari Selasa (14/3/2023) mengumumkan bahwa pesawat nirawak (drone) AS tipe MQ-9 Reaper jatuh di Laut Hitam setelah ditabrak oleh pesawat jet tempur Rusia  manakala pesawat nirawak AS diklaim tengah melakukan misi patroli rutin di ruang udara internasional.  

Pihak AS menyebutkan bahwa pesawat nirawak Reaper berusaha dicegat oleh dua pesawat jet tempur Rusia. Namun, tuduhan AS dibantah oleh Rusia dengan penjelasan bahwa pesawat nirawak AS itu jatuh setelah melakukan "manuver tajam" bukan karena kontak fisik dengan dua pesawat jet tempur Rusia. 

Kementerian Pertahanan Rusia juga menambahkan bahwa pesawat nirawak MQ-9 Reaper AS itu terbang dalam kondisi transpondernya tidak berfungsi. Transponder atau responden pemancar merupakan peralatan komunikasi sehingga pesawat tersebut dapat terlacak. 

Pesawat nirawak MQ-9 Reaper merupakan pesawat pengintaian dengan lebar sayap 20 meter (66 kaki). 

Dikutip dari bbc, Pihak Militer AS mencatat peristiwa itu terjadi pada hari Selasa (14/3/2023) sekitar pukul 07.03 waktu Eropa bagian Tengah. 

img_title
Pesawat Nirawak AS tipe MQ-9 Reaper. (Foto: Reuters)

"Pesawat MQ-9 kami tengah melaksanakan operasi rutin di ruang udara internasional ketika dicegat dan ditabrak oleh pesawat jet tempur Rusia, mengakibatkan pesawat itu jatuh dan tidak bersisa," demikian pernyataan Pentagon yang dikutip dari BBC