Filipina - AS Gelar Latgab Militer Terbesar Bersandi " Balikatan 2023 "

Latihan Gabungan Militer Tentara Filipina
Latihan Gabungan Militer Tentara Filipina (Foto : PNA)

Antv – Sedikitnya 17.600 prajurit Filipina dan Amerika Serikat akan berpartisipasi dalam latihan gabungan (latgab) militer terbesar dengan sandi "Balikatan 2023" yang akan berlangsung pada tanggal 11 - 18 April 2023

Pernyataan juru bicara Latgab Balikatan 2023, Kolonel Michael Logico, yang dikutip dari laporan kantor berita PNA bahwa sedikitnya 12.000 personel tentara AS akan terlibat, sedangkan jumlah sisanya merupakan tentara Filipina. 

Michael juga menambahkan bahwa sekitar 111 anggota pasukan pertahanan Australia akan ikut terlibat dalam sesi latihan seperti "Latihan Operasi Khusus dan Pendaratan"

Michael Logico yang juga merupakan Direktur Pusat Pelatihan Gabungan dan Kombinasi Pelatihan Filipina untuk Pendidikan, Latihan dan Doktrin, mengatakan bahwa pasukan gabungan ini akan beroperasi di area utara pulau Luzon, Palawan dan Antique. 

Tidak hanya Australia, Tim Pengamat Perwakilan asal Jepang juga akan bergabung dalam latgab Balikatan 2023. Secara umum, latgab Balikatan 2023 merupakan latihan militer gabungan Sandi Balikatan terbesar sepanjang sejarah.

img_title
US ARMY dan FILIPINA ARMY. (Foto: Army.Mil.PH)