Badai Tropis Freddy Terjang Malawi, 99 Orang Tewas, 16 Hilang, 134 Luka

Badai Tropis Freddy Terjang Malawi, 99 Tewas, 16 Hilang, 134 Luka
Badai Tropis Freddy Terjang Malawi, 99 Tewas, 16 Hilang, 134 Luka (Foto : Reuters)

Antv – Sebanyak 99 orang tewas di Malawi setelah akhir pekan lalu Siklon Freddy untuk kedua kalinya dalam waktu sebulan menerjang wilayah itu, Senin waktu setempat (13/3/2023).

Seperti dikutip dari Reuters yang melansir harian The Nation, Komisioner Departemen Urusan Penanggulangan Bencana Charles Kalemba mengkonfirmasi jumlah tersebut.

“99 orang tewas, sementara 16 lainnya masih hilang, dan 134 mengalami luka serius,” kata Kalemba kepada wartawan.

Menurut laporan The Nation itu, 85 korban meninggal tercatat di ibukota komersil Blantyre, Malawi saja. Di tempat ini dibangun kamp-kamp untuk memberikan akomodasi kepada ribuan warga yang mengungsi.

Badai tersebut telah menewaskan 99 orang di Malawi, termasuk 85 orang di pusat komersial utama Blantyre,” kata komisioner Departemen Urusan Penanggulangan Bencana, Charles Kalemba, dalam konferensi pers, seperti dikutip dari Reuters.

Badai Tropis Freddy menerjang Mozambik pada Sabtu (11/3/2023), menghancurkan atap rumah dan menyebabkan kerusakan besar sebelum bergerak ke Malawi untuk menyebabkan hujan lebat dan longsor.

Tingkat kerusakan dan korban jiwa secara keseluruhan di Mozambik khususnya belum jelas, sinyal telepon terputus di beberapa bagian daerah yang terkena dampak.