Soroti Prilaku Hakim, Presiden Jokowi Jokowi Serukan KY Perkuat Sinergi dengan MA

Soroti Prilaku Hakim, Jokowi Serukan KY Perkuat Sinergi dengan MA
Soroti Prilaku Hakim, Jokowi Serukan KY Perkuat Sinergi dengan MA (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Guna menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran, dan perilaku hakim, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerukan agar sinergi antara Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA) secara aktif diperkuat oleh kedua belah pihak.

"Sinergi antara Komisi Yudisial dan Mahkamah Agung perlu diperkuat untuk menjaga dan menegakkan kehormatan guna menjaga keluhuran martabat dan perilaku hakim yang menjadi bagian penting mencapai Indonesia Maju yang kita cita-citakan," kata Jokowi dalam tayangan di kanal YouTube resmi Komisi Yudisial, Senin (13/3/2023).

Tayangan itu menjadi bagian dari arahan Presiden Jokowi yang ditampilkan dalam rangkaian penyampaian Laporan Tahunan KY Tahun 2022.

Presiden mengingatkan bahwa sebagai mitra MA, maka KY harus terus berkolaborasi guna menjamin kepastian hukum yang berkeadilan dan menjawab rasa keadilan masyarakat.

Jokowi menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia selalu mendukung setiap langkah yang ditempuh dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan peradilan.

"Kita harus aktif mencatat keluhan-keluhan masyarakat, para pencari keadilan, dan melakukan langkah-langkah konkret untuk menjamin rasa keadilan," katanya.

Presiden mengapresiasi kerja keras KY dalam menjaga muruah dunia peradilan, termasuk di antaranya melalui penyampaian laporan tahunan secara terbuka kepada masyarakat.