Bersihkan Abu Vulkanik Dampak Erupsi Gunung Merapi, Polisi Gunakan Water Canon

Bersihkan Abu Vulkanik, Polisi Gunakan Water Canon
Bersihkan Abu Vulkanik, Polisi Gunakan Water Canon (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Untuk membersihkan abu Vulkanik dampak erupsi gunung Merapi pada Sabtu dan Minggu, 11-12 Maret 2023 kemarin, yang memenuhi badan jalan di beberapa wilayah, jajaran Polresta Magelang gunakan mobil water canon.

Abu setebal kurang lebih 2 cm itu, memenuhi jalan di wilayah Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa tengah, meliputi Desa Paten, Sengi, Ngargomulyo, Keningar, Sewukan dan Desa Mangunsuko serta Desa Krinjing.

Melihat kondisi yang tak memungkinkan untuk bisa beraktivitas warga, Polresta Magelang kemudian bertindak cepat untuk membantu warga terdampak abu Vulkanik Gunung Merapi ini.

Dibantu tim gabungan dari TNI, Damkar, PDAM dan relawan, petugas membersihkan jalan yang tertutupi abu Vulkanik.

Petugas gabungan ini membersihkan jalan dengan menggunakan mobil Armoured Water Canon (WC) Sat Samapta Polresta Magelang Polda Jateng, 1 unit mobil Damkar dan 1 unit mobil PDAM.

Kapolresta Magelang mengatakan, pihaknya fokus membersihkan jalan di Desa Krinjing sejauh 4km, desa ini berjalan hanya 5 km dari gunung Merapi.

"Desa ini paling terdampak abu vulkanik dengan ketebalan abu yang menutupi jalan kurang lebih 2 cm, sehingga sangat licin dan dapat membahayakan keselamatan bagi pengendara yang melintas ditambah debu yang beterbangan yang dapat mengganggu kesehatan pernapasan juga mata," ujarnya saat kegiatan pembersihan abu vulkanik, Minggu (12/3/2023).