BPPTKG Sebut Ada Potensi Bahaya di Sisi Barat Laut Gunung Merapi

BPPTKG Sebut Ada Potensi Bahaya di Sisi Barat Laut Gunung Merapi
BPPTKG Sebut Ada Potensi Bahaya di Sisi Barat Laut Gunung Merapi (Foto : Dok. antvklik.com)

Antv – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengungkapkan terkait adanya potensi bahaya di sisi barat laut Gunung Merapi yang erupsi.

Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso mengatakan, potensi bahaya tersebut selain yang bersumber dari kubah lava tengah dan kubah lava sisi barat daya Merapi yang hingga kini terus mengalami pertumbuhan.

"Ada potensi bahaya yang lain di mana pada sektor barat laut (Gunung Merapi) ini terjadi pergerakan, terjadi inflasi sehingga ini juga tetap kita ingatkan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan," kata Agus, saat konferensi pers secara virtual, Minggu (12/3/2023).

Lebih lanjut Agus mengatakan, ada deformasi atau perubahan bentuk pada permukaan tubuh gunung di sisi barat laut Merapi yang terpantau selama dua tahun terakhir.

Sebelumnya, deformasi hanya terjadi pada lokasi dua kubah lava gunung api aktif itu yakni di tengah kawah dan sisi barat daya.

"Ini sesuatu yang unik, selain unik juga berpotensi bahaya sehingga perlu kami sampaikan," ujar dia.

Agus juga menjelaskan, laju deformasi pada sisi barat laut Merapi sebesar lebih dari 15 meter dalam kurun waktu dua tahun.