Ratusan Kera Liar Rusak Puluhan Hektar Lahan Pertanian Warga Temanggung

Ratusan Kera Liar Rusak Puluhan Hektar Lahan Pertanian Warga
Ratusan Kera Liar Rusak Puluhan Hektar Lahan Pertanian Warga (Foto : antvklik-Purnomo Gujiih)

Antv – Ratusan kera liar ekor panjang, masuk ke sekitar pemukiman dan merusak lahan pertanian milik warga di lereng gunung sumbing Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (11/3/2023).

Petani pun terancam gagal panen, lantaran puluhan hektar lahan pertanian yang berisi berbagai jenis tanaman kebutuhan pokok milik warga ludes di rusak kawanan kera liar ekor panjang tersebut.

Ratusan kera liar ekor panjang ini masuk ke lahan pertanian warga di lereng gunung sumbing, tepatnya di Desa Paponan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Teror kera liar ini sudah berlangsung selama beberapa bulan terakhir, berbagai jenis tanaman milik warga ludes dirusak oleh ratusan kera liar ekor panjang ini.

Jenis tanaman yang dirusak oleh kera liar ini yaitu, jagung, bawang, tomat, cabai dan berbagai jenis kebutuhan pokok lainnya.

"Serangan kera liar ekor panjang ini sudah sangat meresahkan warga dan para petani, ini sudah berlangsung dalam beberapa bulan terakhir dan biasanya kawanan kera liar ekor panjang ini datangnya dalam jumlah banyak dengan cara bergerombol, tomat bawang merah cabai dan tanaman lainya rusak akibat teror kera liar ekor panjang ini". kata, Ibnu Abdilah, Kepala Desa Paponan.

Karena dianggap sangat meresahkan, warga meminta bantuan kepada Polres Temanggung untuk mengatasi teror kera liar tersebut.